Pikiran Rakyat
USD Jual 14.116,00 Beli 14.214,00 | Umumnya cerah, 22.6 ° C

Pasokan Tersendat, Harga Sejumlah Komoditas Laut Naik

Nurhandoko
Seorang pedagang ikan laut di Pasar Manis Ciamis menata barang dagangannya, Kamis, 27 April 2017. Belakangan ini berapa jenis komoditi perikanan laut harganya naik.*
Seorang pedagang ikan laut di Pasar Manis Ciamis menata barang dagangannya, Kamis, 27 April 2017. Belakangan ini berapa jenis komoditi perikanan laut harganya naik.*
CIAMIS,(PR).- Harga sejumlah komoditas perikanan laut segar di tatar galuh Ciamis cenderung mengalami kenaikan. Hal ini seiring dengan tersendatnya pasokan. Diperkirakan semakin dekat memasuki bulan Ramadan, harga ikan terus naik.

Di Pasar Manis yang merupakan pasar tradisional terbesar di tatar Galuh Ciamis, Kamis, 27 April 2017, jumlah pedagang ikan laut segar jauh lebih sedikit dibandingkan penjual ikan air tawar. Selain didatangkan dari wilayah Cirebon, Indramayu, Tegal, dan Cilacap, hanya sebagain kecil komoditas laut yang dipasok dari kawasan pantai Pangandaran.

Kenaikan harga ikan laut tersebut, di antaranya jenis ikan sarden Rp 28.000 naik dari sebelumnya Rp 25.000 per kilogram. Kemudian ikan Tongkol Rp 30.000, naik dari sebelumnya Rp 28.000 per kilogram. Ikan Tuna Rp 35.000, sebelumnya Rp 30.000. Demikian pula Udang dogol besar harganya Rp 85.000, seminggu sebelumnya Rp 80.000 per kilogram.

Sedangkan cumi-cumi besar harganya turun menjadi Rp 55.000, sebelumnya Rp 60.000 per kilogram. Cumi-cumi ukuran kecil Rp 55.000 turun dari sebelumnya Rp 60.000 per kilogram. Ikan bawal menjadi Rp 65.000 , turun dari sebelumnya Rp 70.000 per kilogram, serta ikan kerapu Rp 45.000, sebelumnya mencapai Rp 50.000 per kilogram.

"Sebagian besar jenis ikan harganya naik, karena pasokannya juga sedikit. Saat ini saja, untuk mendata barang dagangan, terpaksa harus berebut dengan pedagang lain. kalau untuk jenis cumi-cvumi sedang banyak, sehingga harganya otomatis turun," ungkap Ny. Ita, pedagang ikan laut di Pasar Manis Ciamis.

Dia mengungkapkan, barang dagangannya didapat dari bandar di wilayah Cirebon dan sekitarnya, termasuk Cilacap. Sedangkan pasokan ikan dari wilayah Pangandaran, jumlahnya relatif sedikit. Kondisi itu disebabkan karena tingginya permintaan ikan di Pangandaran.

"Kadang juga tidak mendapatkan ikan dari Pangandaran. Jika pasokan banyak, dan permintaan tetap, harga ikan pasti akan turun. Sekarang ini permintaan relatif tetap, pasokan terbatas, harga bakal naik. Biasanya menjelang bulan puasa, harga juga bakal naik," ujar Ita.

Pedagang ikan laut segar lainnya, Yati Surtini, juga mengungkapkan hal serupa. Dia menambahkan saat ini permintaan ikan laut masih relatif tetap, sedangkan pasokan beberapa jenis ikan jumlahnya sedikit berkurang. Khusus cumi-cumi, saat ini pasokannya bertambah.

"Sekarang cumi-cumi sedang banyak, hingga harganya turun. kalau soal permintaan masih relatif tetap. Bisanya semakin dekat bulan puasa permintaan akan naik. Semoga saja diimbangi dengan bertambahnya pasokan," tutur Yati.***
Bagikan: