Pikiran Rakyat
USD Jual 14.598,00 Beli 14.500,00 | Hujan, 20.5 ° C

TMMD Sambungkan 2 Desa di Kuningan Dengan Jalan Beraspal

Nuryaman
Pembukaan kegiatan TMMD ke-98 tahun 2017 di Desa Sindang, Kecamatan Lebakwangi.*
Pembukaan kegiatan TMMD ke-98 tahun 2017 di Desa Sindang, Kecamatan Lebakwangi.*
KUNINGAN, (PR).- Jalan poros desa penghubung Desa Sindang, Kecamatan Lebakwangi dengan Desa Pajawanlor, Kecamatan Ciawigebang, di Kabupaten Kuningan direncanakan 30 hari ke-depan akan menjadi jalan beraspal. Pengaspalan jalan penghubung dua desa dan sekaligus antara dua kecamatan itu, akan digarap melalui kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa ke-98 tahun 2017 yang dijadwalkan berlangsung selama 30 hari di Desa Sindang, Kecamatan Lebakwangi, mulai Rabu, 5 April 2017 hingga Rabu, 4 Mei 2017.

Komandan Komando Distrik Militer 0615 Kuningan Arief Hidayat, seusai upacara pembukaan TMMD di desa tersebut, menyebutkan pengaspalan jalan poros desa tersebut merupakan sasaran pokok kegiatan pembangunan fisik pada TMMD tersebut. Panjang ruas jalan penghubung dua desa yang akan diaspal dalam kegiatan TMMD itu, menurut Arief Hidayat mencapai 1,2 kilo meter, dengan lebar jalan rata-rata 2,5 meter.

Terpantau "PR" ruas jalan sasaran TMMD sepanjang itu, kini sudah relatif rata, tetapi baru berlapis batu pengeras jalan. Bahkan di beberapa titik, lapisan batu pengerasnya banyak yang semrawut.

"Selain itu, dalam kegiatan TMMD di Desa Sindang ini, kami juga akan mengerjakan sasaran tambahan kegiatan fisik lainnya. Antara lain pembuatan tembok penguat tebing sepanjang 600 meter, perbaikan gorong-gorong, penataan tempat pembuangan sampah. Kemudian, pembuatan kolam ikan untuk karang taruna dalam rangka pemberdayaan masyarakat, pemasangan lampu penerangan jalan umum, perehaban masjid, perehaban sekolah dasar, merehab lima unit rumah tidak layak huni, dan pembuatan 25 unit jamban umum. Selain itu TMMD di desa ini juga akan diisi berbagai kegiatan nonfisik, seperti di antaranya berupa penyuluhan keamanan dan ketertiban masyarakat," kata Arief Hidayat.

Sementara itu, upacara pembukaan kegiatan TMMD ke-98 tahun 2017 dipimpin serta dibuka secara resmi oleh Bupati Kuningan Acep Purnama. Upacara itu digelar di lapang sepak bola Desa Sindang, diikuti ratusan peserta dari berbagai unsur, seperti anggota TNI, Polri, unsur pemerintahan daerah, kecamatan dan desa serta berbagai elemen masyarakat.

Upacara itu juga dihadiri sejumlah unsur pimpinan TNI. Di antaranya Staf Ahli Pangdam Bidang Manajemen dan Sistem Pertahanan Negara Yudi Zanibar, dan sejumlah unsur pimpinan Kodam III Siliwangi, Kepala Staf Korem 063 Sunan Gunung Jati, dan unsur pimpinan dari Kodim-Kodim wilayah Cirebon, unsur pimpinan dari sejumlah kesatuan TNI, serta unsur pimpinan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Kuningan.

Yudi Zanibar yang hadir mewakili Pangdam III Siliwangi, seusai upacara itu kepada wartawan menyebutkan, TMMD ke-98 tahun 2017 di wilayah Kodam III Siliwangi serempak dilaksanakan di lima daerah. Terdiri atas di Kabupaten Karawang, Kabupaten Bandung, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Lebak, dan di Kabupaten Kuningan.

Bupati Kuningan Acep Purnama di saat memberikan sambutan pada upacara pembukaan TMMD tersebut, mengajak kepada masyarakat setempat aktif bersama-sama dengan TNI melaksanakan berbagai kegiatan TMMD tersebut. Di samping itu, setelah TMMD itu berakhir, masyarakat juga harus memelihara hasil yang dicapai TMMD itu agar bertahan lama serta bermanfaat bagi masyarakat.***
Bagikan: