Pikiran Rakyat
USD Jual 13.961,00 Beli 14.059,00 | Umumnya cerah, 31.7 ° C

Ratusan Pengemudi Angkot Protes Perubahan Jalur

Shofira Hanan
Sejumlah pengemudi memarkirkan angkotnya di halaman kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur, Jalan Muwardi, Kamis, 23 Februari 2017. Para pengemudi memprotes perubahan jalur angkot yang dinilai mulai menimbulkan singgungan antar pengemudi.*
Sejumlah pengemudi memarkirkan angkotnya di halaman kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur, Jalan Muwardi, Kamis, 23 Februari 2017. Para pengemudi memprotes perubahan jalur angkot yang dinilai mulai menimbulkan singgungan antar pengemudi.*
CIANJUR, (PR).- Ratusan pengemudi angkot berunjuk rasa ke Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur. Pengemudi angkot mengeluhkan perubahan jalur sejumlah trayek angkot yang dirasa mulai bersinggungan.

Pengemudi dari trayek 04a, 04b, dan 02b menyampaikan aspirasinya terkait perombakan jalur yang berlaku sejak awal tahun 2017.

"Jalur ketiga angkot itu jadi semrawut karena ketidakjelasan rute. Selama ini belum terima surat sosialisasi perubahan jalur," kata Marhan, pengurus trayek angkot 04a, 04b, dan 02b, Kamis, 23 Februari 2017.

Hal tersebut menimbulkan banyaknya kericuhan dan keluhan dari sopir angkot. Pasalnya, jalur yang seharusnya dilalui beberapa angkot saja akhirnya tetap dilalui oleh trayek yang tidak semestinya.

Padahal, diakui oleh seluruh pengemudi, jika mereka sangat menghindari singgungan yang terjadi antar pengemudi.

"Makanya, dishub seharusnya lebih mengkaji lagi rencana dan penerapannya di lapangan. Supaya ada kejelasan dalam praktiknya," ucapnya.

Aksi tersebut pun diterima dengan baik oleh pihak Dishub Kabupaten Cianjur. Sejumlah perwakilan melakukan audiensi dengan Kadishub, Polantas, Kesbangpol, dan Satpol PP.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur, Djoni Rojali menuturkan, aspirasi para pengemudi akan ditampung menjadi masukan dan kritik atas peraturan dinas. "Tapi, perlu diketahui kami terus melakukan upaya untuk mengantisipasi semrawutnya jalan karena perubahan jalur," ujar Djoni dalam audiensi.

Ia pun akan menyampaikan aspirasi para pengemudi kepada Bupati Cianjur, selaku pihak yang memberikan keputusan atas penetapan jalur angkot.

Djoni pun mengharapkan, para pengemudi bersabar atas kondisi jalur saat ini. Soalnya, pemkab tengah melakukan sejumlah pembangunan yang memaksa dirubahnya jalur angkot seperti saat ini.

"Proses pembangunan masih panjang, makanya diharap pengemudi bisa bersabar. Kami akan tetap mengupayakan jalan keluarnya," katanya.***
Bagikan: