Pikiran Rakyat
USD Jual 14.280,00 Beli 14.182,00 | Umumnya cerah, 23.6 ° C

Polres Majalengka Gelar Razia Lalu Lintas Saat Libur Nasional Pilkada

Tati Purnawati
SEJUMLAH anggota Satuan Lalulintas Polres Majalengka sedang melakukan rajia kendaraan di ruas jalan Abdul halim Majalengka tepatnya di Bundaran Munjul, Majalengka, Rabu, 15 Februari 2017. Razia dilakukan di saat hari libur nasional pemilu kepala daerah untuk mengantisipasi tingginya angka kecelakaan lalul intas.*
SEJUMLAH anggota Satuan Lalulintas Polres Majalengka sedang melakukan rajia kendaraan di ruas jalan Abdul halim Majalengka tepatnya di Bundaran Munjul, Majalengka, Rabu, 15 Februari 2017. Razia dilakukan di saat hari libur nasional pemilu kepala daerah untuk mengantisipasi tingginya angka kecelakaan lalul intas.*
MAJALENGKA, (PR).- Di hari libur nasional pemilukada serentak Satuan Lalulintas Polres Majalengka lakukan pengamanan di sejumlah ruas jalan dan melakukan rajia kendaraan mengantisipasi adanya pihak-pihak yang akan mengacaukan situasi keamanan nasional, Rabu, 15 Februari 2017.

Setiap kendaraan yang melintas di wilayah Bundaran Munjul dilakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan surat-surat kedaraan, pengemudi sepeda motor yang tidak mengenakan helm juga dihentikan dan diperingatkan untuk menggunakan helm.

Selain itu seluruh kendaraan boks asal luar daerah menuju kota Majalengka atau sebaliknya dan truk yang barangnya ditutup terpal juga dihentikan dan barang bawaanya diperiksa untuk memastikan barang yang dibawanya aman.

Sebagian pengendara yang kendaraanya tidak dilengkapi surat-surat terpaksa dikenakan tilang, sedangkan kendaraan yang tidak memiliki surat-surat kendaraan diamankan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dan kendaraan baru bisa diambil setelah menunjukan bukti surat-surat kendaraannya.

Menurut keterangan Kapolres Majalengka Ajun Komisaris Besar Mada Roostanto disertai Kasat Lantas Iwan Setiawan, pemilu memang dilakukan di kabupaten kota lain namun dampak dari pilkada akan terjadi juga di luar wilayah tersebut terutama arus orang dan arus barang. Apalagi Kabupaten Majalengka adalah jalur lalu lintas menuju tol Cipali baik dari arah Ciamis, Tasikmalaya, Banjar atau bahkan Kuningan bagian selatan. Sehingga jalur lalulinta harus benar-benar aman.

Sedangkan razia kendaraan dilakukan terkait tingginya angka kecelakaan lalulintas yang terjadi belakangan ini, setidaknya berdasarkan data yang dimiliki Satuan Lalulintas angka kecelakaan dalam sebulan terakhir mencapai 30 kasus, sebagian korbannya meninggal dunia, sebagian mengalami luka berat dan ringan.

“Bila melihat angka tersebut, rata-rata setiap harinya terjadi kecelakaan lalulintas, penyebabnya hampir kebanyakan akibat kekurang hati-hatian pengendara, terlebih saat musim penghujan sekarang banyak lubang jalan sehingga para pengendara harus melajukan kendaraanya dengan sangat hati-hati,” ungkap Iwan.

Dia menghimbau semua pengendara baik roda dua maupun roda empat disaat sekarang untuk tidak melajukan kendaraan dengan kecepatan tinggi terlebih disaat hujan turun, jalan akan sangat licin dan dikhawatirkan akan terjebak ke lubang jalan hingga mengakibatkan kecelakaan lalu lintas.

Selain itu saat mengemudi diimbau untuk menjaga batas jarak aman kendaraan dari kendaraan yang ada di bagian depan. Bila tidak ketika ada lubang jalan maka pengendara yang ada dibelakang akan terjebak ke lubang karena lubang jalan tidak akan nampak dengan jelas.***
Bagikan: