Pikiran Rakyat
USD Jual 13.896,00 Beli 13.994,00 | Sebagian berawan, 18.8 ° C

Ular Sanca 4 Meter Ditangkap Warga di Kandang Ayam

Bisri Mustofa
SEEKOR ular sanca bodo dengan panjang sekitar 4 meter ditangkap warga Kedung Hilir RT 01 RW 03, Desa Sukamanah, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur setelah memakan empat 4 ayam, Jumat 6 Januari 2017.*
SEEKOR ular sanca bodo dengan panjang sekitar 4 meter ditangkap warga Kedung Hilir RT 01 RW 03, Desa Sukamanah, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur setelah memakan empat 4 ayam, Jumat 6 Januari 2017.*

CIANJUR, (PR).- Masyarakat Kampung Kedung Hilir RT 01 RW 03, Desa Sukamanah, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur digegerkan penemuan ular sanca bodo yang tengah berada di dalam kandang ayam milik Tedi Setiadi (54), Jumat 6 Januari 2017. Ular sebesar betis orang dewasa itu kemungkinan tidak bisa keluar dari kandang setelah memakan 4 ekor ayam.

Menurut penuturan Tedi Setiadi, ular sanca itu diketahui pertama kali saat ia bermaksud akan memberi makan ayam sekitar pukul 7.00 WIB. Ia merasa heran, saat mendekati kandang ayam miliknya yang berada persis di atas pinggiran Sungai Cianjur itu tidak terdengar suara ayam.

"Biasanya kalau saya lewat mendekat kandang, ayam yang ada didalam suka ramai, tapi kali ini tidak sama sekali. Saat saya membuka pintu kandang, ternyata di dalamnya sudah ada ular sanca yang tengah menggulung ayam," kata Tedi saat ditemui dekat kandang ayam miliknya.

Tedi selanjutnya memberitahukan kepada warga disekitar adanya ular sanca yang berada dikandang ayam miliknya. Bersama warga ular tersebut berhasil ditangkap dan dimasukkan kedalam karung.

"Setelah berhasil ditangkap, saya coba ukur panjangnya mencapai sekitar 4 meteran. Ini cukup panjang dan cukup besar. Kemungkinan setelah memakan ayam, ular itu tidak bisa keluar, karena badannya membesar," paparnya.

Penemuan ular sanca tersebut dalam waktu dekat menjadi perhatian warga. Sejumlah warga yang mendengar kabar dari mulut ke mulut berbondong-bondong ingin menyaksikan ular dari dekat. "Rencananya ular akan kami bawa ke Cianjur, informasinya ada yang biasa menerima ular," kata Tedi.

Menurut Tedi, ular sanca yang berhasil ditangkap itu sudah memakan 4 ekor ayam. Dua ayam sudah mati dililit dan seekor ayam masih hidup. "Ada 7 ekor ayam kampung di kandang, 4 ekor sudah dimakan dan 2 ekor sudah mati siap dimakan dan seekor lagi masih hidup. Kemungkinan kekenyangan, jadi tidak bisa memakan semuannya," paparnya.

Penemuan ular sanca tersebut sudah kedua kalinya di Kampung Kedung Hilir RT 01 RW 03, Desa Sukamanah, Kecamatan Cugenang, Cianjur. Beberapa bulan lalu juga ditemukan dikandang ayam milik Syarif (63). Namun, ular sanca yang ditemukan kali ini jauh lebih besar.

"Ular yang memakan ayam milik saya ini lebih besar dari yang ditangkap di kandang milik mang Syarif, kemungkinan masih ada kaitannya. Tapi ini yang pertama kali sejak saya memilihara ayam, mudah-mudahan tidak ada lagi," paparnya.***

Bagikan: