Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Umumnya cerah, 29.7 ° C

Jemaah Calon Haji Depok Diberangkatkan, Satu Orang Batal

Bambang Arifianto
JEMAAH calon haji asal Depok diberangkatkan ke Tanah Suci dari Pelataran Balai Kota Depok, Jalan Margonda Raya, Senin 15 Agustus 2016. Sebanyak 443 calon haji Depok Kloter 1 diberangkatkan hari itu.*
JEMAAH calon haji asal Depok diberangkatkan ke Tanah Suci dari Pelataran Balai Kota Depok, Jalan Margonda Raya, Senin 15 Agustus 2016. Sebanyak 443 calon haji Depok Kloter 1 diberangkatkan hari itu.*
DEPOK, (PR).- Sebanyak 443 jemaah haji Kloter 1 Kota Depok mulai diberangkatkan ke Tanah Suci, Senin, 15 Agustus 2016. Satu orang calon haji urung berangkat karena wafat.

Dari total 444 jemaah calon haji Kloter 1 asal Depok yang diberangkatkan, ‎satu orang calon haji asal Cilodong meninggal. Tak ayal, hanya 443 haji yang berangkat. "Yang meninggal tadi malam secara administratif siap," ucap Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Depok A Chalik Mawardi saat melepas keberangkatan jamaah haji di Pelataran Balai Kota Depok, Senin, 15 Agustus 2016.

Sebelumnya, satu calon haji juga hampir urung berangkat karena visanya belum selesai. "Sampai tadi malam ada satu (caloh haji hampir gagal dapat visa). Akhirnya kita kejar ke pusat," tutur Chalik. Tak lama berselang, visanya pun keluar.

Rencananya, Kloter 1 Calon Haji ‎Depok terbang ke tanah suci, Selasa, 16 Agustus 2016 pukul 07.30 WIB setelah menginap semalam di asrama embarkasi. Selama di embarkasi, calon haji akan menjalani pemeriksaan kesehatan. "Yang (umurnya) 50 tahun ke bawah itu diperiksa urin di asrama," ucap Chalik.

Selain itu, calon haji juga akan menerima paspor dan living cost senilai 1500 riyal. Terkait antisipasi serangan virus, Chalik menyatakan ‎pemeriksaan kesehatan akan lebih diperketat tahun ini. "Jamaah yang hari ini belum divaksin tidak akan mendapat izin untuk keluar, terutama (vaksin) meningitis. Jika belum divaksin, keberangkatan calon haji ditunda 10 hari guna divaksin terlebih dahulu.

Chalik menambahkan, kuota calon haji Kota Depok mencapai ‎1293 orang. Sementara itu, Wakil Wali Kota Depo‎k Pradi Supriatna berpesan para jamaah calon haji mendoakan Kota Depok agar bisa tercapai cita-cita dan visinya. Menurut Pradi, rata-rata calon haji asal Depok sudah lanjut usia. "Ada jamaah yang usia sudah tua dengan kondisinya fisik sepertinya kurang tetapi semangatnya luar biasa," tutur Pradi.***
Bagikan: