Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Umumnya cerah, 24.9 ° C

Lebaran Banyak Pedagang Kulit Ketupat dan Bunga Musiman

Tati Purnawati
SEJUMLAH pedagang kulit ketupat berjejer menjajakan barang dagangannya di pembatas jalan antara Majalengka-Kadipaten, dekat Pasar Kadipaten, Selasa, 5 Juli 2016.*
SEJUMLAH pedagang kulit ketupat berjejer menjajakan barang dagangannya di pembatas jalan antara Majalengka-Kadipaten, dekat Pasar Kadipaten, Selasa, 5 Juli 2016.*
MAJALENGKA, (PR).- Banyak warga yang memanfaatkan momentum Lebaran dengan berjualan kulit ketupat dan bunga. Para pedagang kulit ketupat musiman ini dalam sehari bisa meraup keuntungan lumayan besar.

Sejak dua hari menjelang lebaran para pedagang kulit ketupat musiman ini sudah menjajakan barangnya di tiap titik, di pasar ataupun pinggir jalan raya seperti yang terjadi di ruas jalan Majalengka-Kadipaten tepatnya depan pasar Kadipeten, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Majalengka.

Di pembatas jalan di ruas jalan tersebut hampir sepanjang kurang lebih 400 meteran pedagang kulit ketupat berjejer memanjang menjajakan barang dagangannya sambil para penjualnya terus berupaya membuat kulit ketupat di tempat mereka serjualan.

Satuni, salah seorang penjual kulit ketupat mengaku, berjualan kulit ketupat sejak dua hari jelang Lebaran, setiap harinya dia menghabiskan sekitar 100 kulit ketupat lebih. Setiap kulit ketupat diikat masing-masing berisi 10 buah. Setiap ikatan di jual seharga Rp 8.000.

“Ini rizki setahun sekali, setiap menjelang lebaran idul fitri,” kata Satuni.

Hal yang sama disampaikan pedagang lainnya, Suparman, yang selama dua hari berjualan mampu menjual lebih dari 400 kulit ketupat. Dia membuat kulit ketupat dibantu anaknya, Yayat, karena banyaknya pembeli tidak terlayani.

Daun kelapanya sendiri menurut Suparman diperoleh dari pohon kelapa yang ada di dekat sawahnya, sebagian lagi dia peroleh dari pohon kelapa milik tetangganya, karena daun kepala miliknya tidak mencukupi.

“Kalau daun kelapa untuk membuat ketupat kan harus daun muda, sementara daun muda kan terbatas, ya terpaksa mengambil daun kelapa milik tetangga ,” kata Suparman.

Susi pembeli kulit ketupat menyebutkan kalau ketupat adalah makanan utama saat lebaran yang dimakan bersama opor ayam, sehingga keluarganya berupaya membuat ketupat hingga 15 buah atau terkadang mencapai 20 buah.

“Ketupat ini makanan wajib lebaran, tidak lengkap bila lebaran tanpa ketupat,” ujar Susi.***
Bagikan: