Pikiran Rakyat
USD Jual 14.007,00 Beli 14.105,00 | Umumnya cerah, 25.8 ° C

Polisi Bubarkan Balapan Liar, 40 Motor Diamankan

Tommi Andryandy
CIKARANG, (PR).- Sebanyak 40 kendaraan bermotor roda dua berhasil diamankan Kepolisian Sektor Cikarang Barat dari arena balapan liar, Minggu 27 Maret 2016 dini hari. Puluhan motor itu disita setelah diketahui tidak memiliki surat-surat lengkap. Polisi pun membubarkan balapan liar yang dianggap meresahkan masyarakat.

Balapan liar diketahui sering berlangsung di kawasan MM2100 Kecamatan Cikarang Barat. Kondisi jalanan yang mulus serta sepinya situasi lalu lintas, dimanfaatkan warga untuk berlomba memacu sepeda motornya. Balapan liar ini biasa digelar sabtu malam hingga minggu dini hari.

Berdasarkan informasi yang dihimpun "PR", puluhan kendaraan diamankan dalam kegiatan operasi cipta kondisi 2016. Dengan berjumlah 35 anggota gabungan, polisi langsung menjaring para pembalap liar tersebut.

Tidak ada pembalap yang diamankan, namun kendaraan yang mereka tunggangi berhasil diamankan. Selain tidak memiliki surat-surat, kendaraan tersebut sudah banyak dimodifikasi.

"Berdasarkan informasi masyarakat sering terjadi balapan liar di lokasi tersebut. Sehingga dari hasil laporan itu langsung dilakukan penindakan oleh anggota. (Sebanyak) 40 sepeda motor dirazia karena tidak memiliki STNK dan surat-surat lainnya," kata Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Kepolisian Resor Kota Bekasi, Makmur. Sementara itu, operasi ini dipimpin oleh Wakapolsek Cikarang Barat Nyoman Wilasa.

Balapan liar sering digelar karena Kabupaten Bekasi tidak memiliki sirkuit untuk kegiatan otomotif. Sehingga untuk menyalurkan hobi balap, mereka memacu kendaraan di jalan raya. Meski begitu, rencananya razia akan dilakukan rutin demi menjaga ketertiban masyarakat.

"Operasi cipta kondisi ini rutin dilakukan, termasuk terhadap balapan liar. Balapan liar kerap dianggap meresahkan masyarakat. Sedangkan saat ini semua sepeda motor hasil ops cipta kondisi diamankan di Mapolsek Cikarang Barat," kata Makmur.***
Bagikan: