Pikiran Rakyat
USD Jual 14.031,00 Beli 14.129,00 | Sebagian berawan, 20.1 ° C

Tiga Dusun Andalkan Sumber Air Cibaregbeg yang Mulai Menyusut

Nurhandoko
CIAMIS, (PRLM).- Kesulitan mendapat air bersih saat musim kemarau tidak hanya dialami warga di perkotaan, akan tetapi juga merambah hingga perdesaan. Setidaknya hal itu dialami warga Desa Saguling, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis.

Salah satu wilayah yang saat ini mengalami krisis air bersih ada di wilayah Dusun Saguling Kolot, Dusun Desa, dan Dusun Klewih, seluruhnya ada di Desa Saguling. Saat ini warga tiga wilayah tersebut mengadalkan pasokan air bersih hanya dari satu sumber mata air, yakni Cibaregbeg.

Sumber air yang menjadi andalan ratusan warga di wilayah tersebut, saat ini volumenya semakin mengecil. Setiap hari, khususnya pagi dan sore hari warga harus antre sekadar mengambil air bersih satu ember.

Kondisi sumber air Cibaregbeg tersebut tampak masih alami, berada di bawah naungan pohon besar. Tidak ada tembok atau tanda fasilitas tersebut dibangun. Bagian dasar sumber mata air berupa tanah. Beberapa daun, terlihat berada di dasar kolam mini yang ukurannya hanya panjang sekira 3 meter dan lebar 2 meter.

Tidak jauh dari lokasi tersebut terdapat beberapa kolam ikan. Di setiap kolam, terdapat bilik bambu, untuk buang air besar. Ada juga yang menafaatkan bilik tersebut untuk mandi, airnya diambil dari sumber air Cibaregbeg.

"Kami hanya mengadalkan air bersih dari mata air itu. Sekarang semakin banyak warga yang datang ke Cibaregbeg. Saya setiap hari dua kali ke sumber air, mandi sekalian mengambil air untuk minum dan memasak," tutur Ny. Ilah (52).

Dia mengungkapkan, warga terpaksa mengambil air di mata air tersebut, karena sumur di rumah sudah surut, sehingga airnya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan. bahkan beberapa di antaranya sudah mengering. (nurhandoko wiyoso/A-88)***
Bagikan: