Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Umumnya cerah, 27.9 ° C

Penderita Tuberkulosis di Kecamatan Beji Cukup Tinggi

Muhammad Ashari
DEPOK, (PRLM).- Indonesia berada di peringkat keempat tertinggi dunia dalam hal beban penyakit tuberkulosis. Penyebaran informasi mengenai tuberkulosis mendesak dilakukan di tengah berbagai permasalahan dalam penanggulangannya.

Ketua Perkumpulan Pemberatasan Tuberkulosis Indonesia (PPTI) Kota Depok Anna Rozaliyani mengatakan, perkiraan prevalensi tuberkulosis semua kasus sebesar 660.000 dan estimasi insidensi berjumlah 430.000 kasus baru/tahun. Sementara jumlah kematian akibat tuberkulosis diperkirakan 61.000 kematian/tahun.

Dia menambahkan, munculnya penyakit HIV serta interaksi antara tuberkulosis dan HIV semakin menambah kompleksitas permasalahan. Menurutnya, Indonesia merupakan negara dengan percepatan peningkatan epidemi HIV terringgi di antara negara-negara benua Asia.

"Multiple Drug Resistance tuberkulosis merupakan masalah lain yang muncul sebagai resiko ekspansi pengobatan yang tidak memadai. Bila berbagai permasalahan di atas tidak diantisipasi dengan baik, biaya yang diperlukan untuk mengendalikan masalah tuberkulosis akan berada di luar kemampuan sistem kesehatan nasional," ujarnya, Sabtu (25/4/2015).

Menurutnya, sejak tahun 1993, WHO menyatakan bahwa tuberkulosis merupakan kedaruratan global bagi kemanusiaan. Pasalnya, beban penyakit tuberkulosis di masyarakat masih sangat tinggi. "Diperkirakan masih terdapat sekitar 9,5 juta kasus baru tuberkulosis, dan sekitar 0,5 juta orang meninggal akibat tuberkulosis di seluruh dunia," tuturnya.

Dia menambahkan, permasalahan tuberkulosis di Jawa Barat termasuk Kota Depok juga tak kalah pentingnya. Berdasarkan data jumlah penduduk dan Dinas Kesehatan Kota Depok, diperkirakan ada 2.168 kasus tuberkulosis positif selama tahun 2014.

Menurutnya, dari hasil program ketuk 300 pintu di 11 kecamatan yang ada di Kota Depok, 10-15 persen warganya suspek tuberkulosis. Adapun, kata dia, kecamatan tertinggi penderita tuberkulosis ada di Kecamatan Beji, Pancoranmas, Limo, Cilodong dan Sukmajaya.

Dia menambahkan, PPTI Kota Depok telah membentuk kader tuberkulosis tingkat sekolah, dan melakukan pemberdayaan serta penyuluhan kepada masyarakat untuk mencegah dan mengobati tuberkulosis di tingkat kelurahan dan kecamatan. (Muhammad Ashari/A-147)***
Bagikan: