Ada Kampung Percontohan Corona di Wuhan, Terbukti Tanpa Kasus Baru Covid-19 yang Meninggal

- 22 November 2020, 11:44 WIB
Warga kampung Donghu, Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China, melambaikan tangan. Selama lockdown Wuhan pada 23 Januari-8 April 2020 terdapat 32 warga yang positif COVID-19 di permukiman yang dihuni 12.765 jiwa itu dan tidak ada satu pun yang meninggal dunia. /ANTARA/M. Irfan Ilmie

PIKIRAN RAKYAT - Wuhan, Tiongkok, merupakan kota di wilayah tengah yang menjadi tempat pertama kali ditemukannya kasus virus corona atau Covid-19.

Kota Wuhan yang hanya dihuni 8 juta jiwa itu sebelumnya menjadi pusat Covid-19 dan paling banyak menimbulkan kasus pasien terpapar meninggal dunia di China.

Sejak kasus Covid-19 ada di Wuhan, kota tersebut rupanya telah membangun kampung percontohan anti Covid-19.

 Baca Juga: Prancis Kembali Membara, Pemerintah Bakal Tangkap Masyarakat yang Sebar Foto Polisi

Adanya kampung percontohan Covid-19 dinilai berhasil dalam memerangi virus yang mulai mewabah pada akhir tahun 2019 itu.

Kawasan pemukiman di Donghu, China tersebut dilengkapi pos kesehatan dan pos tenaga sukarelawan yang saat ini masih aktif.

Meski beberapa bulan terakhir tidak ditemukan kasus baru, kampung Covid-19 itu di Donghu tetap berdiri.

 Baca Juga: Jurgen Klopp Komentari Kontrak Pep Guardiola di Man City, Singgung Man Utd, Chelsea, hingga Arsenal

"Saat lockdown Wuhan di sini terdapat 32 kasus, tapi tidak ada yang meninggal dunia," kata Zhuo Yanxia, petugas Pos Kesehatan Donghu dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman ANTARA pada Minggu, 22 November 2020.

Saat Wuhan menerapkan lockdown pada 23 Januari-8 April 2020 lalu, ada penerapan kebijakan yang ketat khususnya untuk penghuni mayoritas kalangan usia rentan.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X