16 Jasad Ditarik dari Lumpur Usai Bencana Mengepung Vietnam, Topan Molave Perparah Dampak Banjir

- 29 Oktober 2020, 14:41 WIB
Siaran tv nasional Vietnam VTC1 menunjukkan situasi sebuah jembatan yang terendam, dampak topan Molave di Vietnam. /Tangkapan layar VTC1

PIKIRAN RAKYAT - Sebanyak 16 orang tewas dan puluhan lainnya hilang pada Kamis, 29 Oktober 2020, setelah tanah longsor yang dipicu oleh topan Molave melanda Vietnam tengah.

Pencarian korban masih dilakukan, di tengah cuaca terburuk dalam beberapa tahun, demikian laporan New Straits Times.

Topan Molave melanda desa-desa Rabu, 28 Oktober 2020, menewaskan dua orang saat merobohkan pohon, merobek atap rumah, dan membawa hujan deras ke daerah-daerah yang sudah terkena dampak banjir yang parah selama berminggu-minggu.

Baca Juga: Tepis Kabar Putus, Billy Syahputra Bagikan Kebersamaannya dengan Amanda Manopo: Kasihan Lagi Sakit

Selain di Vietnam tengah, dua peristiwa tanah longsor menyebabkan 53 orang hilang di dua desa di provinsi Quang Nam, kata pihak berwenang. Sebanyak 16 diantaranya sejauh ini telah ditarik dari lumpur, menurut media pemerintah.

"Ini adalah kecelakaan yang sangat serius, mengubur banyak orang," kata Wakil Perdana Menteri Trinh Dinh Dung, menambahkan: "Rute penyelamat untuk mengakses mereka sangat sulit."

Tentara terlibat dalam pencarian, yang berjuang untuk mencapai lokasi melalui pohon tumbang, dan lumpur yang memblokir jalan, kata pihak berwenang.

 Baca Juga: Link Live Streaming Gratis Arsenal vs Dundalk Liga Europa

Topan Molave ‚Äč‚Äčadalah badai keempat di Vietnam bulan ini, dan memaksa pihak berwenang untuk memindahkan sekitar 375.000 orang ke tempat aman, membatalkan ratusan penerbangan dan menutup sekolah dan pantai.

Vietnam diprediksi masih akan mengalami bencana, hingga November, menurut badan prakiraan setempat. Utamanya bagi daerah pesisir tengah umumnya terkena, sementara di perkotaan badai telah memburuk dalam beberapa tahun terakhir.***

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi

Sumber: AFP, New Straits Times


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X