Raja Thailand 'Kelamaan' di Jerman Bersama Para Selir, Pakar Hukum: Sulit Buktikan Dia Melanggar

- 29 Oktober 2020, 10:37 WIB
POTRET Raja Maha Vajiralongkorn (kiri).* //Instagram/@thairoyalfamily

PIKIRAN RAKYAT - Beberapa waktu lalu, warga Thailand membuat sebuah petisi daring yang mendesak pemerintah Jerman untuk mengambil sikap soal Raja Maha Vajiralongkorn dari Thailand.

Tak sedikit pihak mengkritik bahwa raja tersebut lebih sering menetap di Bavaria, Jerman bersama para selirnya dibandingkan Bangkok, Thailand.

Sebelum petisi dibuat, adapula demonstrasi besar-besaran yang dilangsungkan di Thailand untuk menghapus kekuasaan sistem monarki.

Baca Juga: Soal Modus Pencopet di Tengah Massa Aksi Demo UU Ciptaker, Polisi: Ini Mahasiswa Gadungan

Menyusul petisi yang telah ditandatangani oleh 130.000 orang Thailand tersebut, para pengunjuk rasa kemudian memohon dukungan dari Jerman untuk 'mengusir' Raja Maha Vajiralongkorn agar kembali ke tempat asalnya.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman SCMP, cukup banyak warga Thailand meminta penyelidikan khusus mengenai keberadaan sang raja di Jerman yang ternyata telah berlangsung lama.

Menanggapi desakan dari pihak Thailand, Menteri Luar Negeri (Menlu) Jerman Heiko Maas kemudian membuka suara.

Baca Juga: Gol Marcus Rashford ke Gawang RB Leipzig Masuk Buku Rekor Liga Champions

Ia mengonfirmasi bahwa pemerintah Jerman telah menyelidiki masalah ini dan memperingatkan konsekuensi langsung kepada Raja Maha Vajiralongkorn. Khususnya jika ia terbukti terlibat melanggar hukum.

Halaman:

Editor: Farida Al-Qodariah

Sumber: SCMP


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X