TNI dan Tentara AS Latihan Bersama di JRTC, Skenario Latma Replika Medan Perang Sesungguhnya

- 22 Oktober 2020, 13:21 WIB
Latihan militer bersama TNI dan tentara AS/Dokumentasi JRTC Fort Polk. /U.S. Army Pfc. Rachel Christense

PIKIRAN RAKYAT - Latihan  militer bersama (latma) merupakan hal yang biasa dilakukan banyak negara di dunia, termasuk Indonesia dan Amerika Serikat

Tujuannya, selain meningkatkan relasi antarnegara, latihan bersama (latma) juga jadi ajang untuk saling berbagi ilmu dan memperkaya pengalaman. 

Atas dasar ini pula, pada pertengahan September lalu, TNI mengirimkan satu kompi prajuritnya untuk mengikuti latihan bersama dengan tentara AS di JRTC (Joint Readiness Training Center), Fort Polk, Louisiana, Amerika Serikat

 Baca Juga: Berikut 5 Bahan Alami yang Mudah Ditemukan untuk Tingkatkan Imunitas di Kala Pandemi

Untuk diketahui, JRTC Fort Polk merupakan salah satu pusat latihan militer terbaik di dunia karena menyediakan beragam training dan skenario latihan militer yang realistis dengan kondisi medan tempur di dunia nyata.

Komandan Divisi Infanteri 25 Amerika Serikat, Mayor Jenderal (Mayjen) James Jarrard dalam pertemuan virtual dengan Pikiran Rakyat dan Kompas via aplikasi Zoom, Selasa, 20 Oktober 2020 malam mengatakan, JRTC memang difokuskan pada peningkatan kesiapan unit dengan memberikan pelatihan militer bersama yang sangat realistis, penuh tekanan di seluruh spektrum konflik.

Mayjen Jarrard mengungkapkan banyak latihan yang diberikan kepada para prajurit merupakan gladi bersih misi untuk operasi aktual yang dijadwalkan untuk dilakukan organisasi. 

 Baca Juga: Selain Prakerja, Kemnaker Luncurkan Program MangCovid-19, Diperuntukan Korban PHK

Skenario latihan bersama di JRTC mereplikasi banyak situasi dan tantangan unik yang mungkin dihadapi oleh sebuah kesatuan/unit. 

Tak heran, meskipun latihan di JRTC ini sangat berat, banyak prajurit yang merasakan manfaatnya dalam meningkatkan kemampuan dan kesiapan mereka untuk bertempur di medan perang.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X