Embargo Senjata Berakhir, Iran Langsung Impor Rudal Balistik dari Korea Utara dengan Imbalan Minyak

- 20 Oktober 2020, 08:17 WIB
Bendera Iran. /pixabay/Kaufdex

PIKIRAN RAKYAT - Iran dan Tiongkok akan memulai kontrak baru dalam 25 tahun untuk mengimpor rudal balistik dari Korea Utara.

Kesepakatan itu terjadi setelah berakhirnya embargo Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) terhadap Iran yang dilarang membeli dan menjual senjata.

DIkutip Pikiran-rakyat.com dari Express, menurut laporan OilPrice, berdasarkan perjanjian tersebut, rudal Korea Utara akan dikirim ke Iran dengan imbalan minyak.

Baca Juga: Tanggapi Prediksi GDP, Mantan Ketua MK: Jangan Ada Niat Turunkan Presiden di Tengah Jalan

Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Zarif, dan Menlu Tiongkok, Wang Yi menghadiri serangkaian pertemuan antara tanggal 9 dan 10 Oktober 2020 untuk menyelesaikan perincian kesepakatan.

Kesepakatan baru telah dielaborasi dari kesepakatan sebelumnya yang dicapai pada tahun 2016.

Bagian dari kesepakatan baru awalnya tidak dipublikasikan. Namun pekan lalu, mantan Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad, mengisyaratkan beberapa bagian penting dari kesepakatan yang sebelumnya tidak tersedia untuk umum.

Baca Juga: Embargo Senjata Iran Berakhir, Amerika Serikat Ketar-ketir hingga Keluarkan Ancaman

"Tidaklah sah untuk membuat perjanjian rahasia dengan pihak asing tanpa mempertimbangkan keinginan bangsa Iran dan melawan kepentingan negara dan bangsa, dan bangsa Iran tidak akan mengakuinya," kata Ahmadinejad.

Halaman:

Editor: Nuzulia Rega

Sumber: Express


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X