Usai Bertemu Utusan Indonesia, Menlu Tiongkok Bersumpah Vaksin Covid-19 sebagai Produk Publik Global

- 19 Oktober 2020, 10:09 WIB
Bendera Tiongkok. / Pixabay/glaborde7

PIKIRAN RAKYAT - Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi kembali menegaskan negaranya akan menjadikan vaksin Covid-19 sebagai sebuah produk publik global.

Komentar itu diutarakan Wang Yi usai bertemu utusan dari Indonesia dan Filipina di Provinsi Yunnan, di sebelah barat daya.

"Tiongkok dengan sungguh-sungguh akan memenuhi komitmennya untuk menjadikan vaksin sebagai produk publik global setelah berhasil dikembangkan dan digunakan, maka akan berkontribusi pada aksesibilitas dan keterjangkauan vaksin di negara berkembang,” kata Wang Yi, diberitakan Xinhua pada Sabtu, 17 Oktober 2020, sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari SCMP.

Baca Juga: 93. 000 UMKM di Kota Tasikmalaya Mendapatkan Bantuan Produktif Kementrian Koperasi dan UMKM

"Beberapa perwakilan negara Asia Tenggara telah menyatakan minatnya untuk bekerja sama dengan Tiongkok dalam penelitian dan pengembangan vaksin," tambahnya.

China merupakan negara pemimpin dalam pengembangan vaksin Covid-19, terhitung empat dari 11 kandidat dalam uji klinis tahap akhir di seluruh dunia.

Namun, Negeri Tirai Bambu juga dikenal dengan skandal vaksin, yang telah menimbulkan pertanyaan tentang kemanjuran dan keamanan produknya.

Baca Juga: Hanum Rais Luruskan Kabar Tabrakan yang Dialami Hanafi Rais di Tol Cipali

Awal bulan ini, Beijing mendaftar ke COVAX, sebuah inisiatif global dipimpin oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang dirancang untuk memastikan distribusi yang adil dari vaksin Covid-19, terutama ke negara-negara miskin.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Sumber: SCMP


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X