Tiongkok sedang Persiapkan Perang Dunia 3? Fasilitas Militer Dibangun di Sekitar Laut China Selatan

- 11 Oktober 2020, 15:04 WIB
Peta yang menunjukkan wilayah Laut China Selatan, sembilan garis putus-putus (nine dash line) merupakan wilayah yang diklaim Tiongkok
Peta yang menunjukkan wilayah Laut China Selatan, sembilan garis putus-putus (nine dash line) merupakan wilayah yang diklaim Tiongkok / CSIS Asia Maritime Transparency Initiative (AMTI) via SCMP

PIKIRAN RAKYAT - Seorang Senator Amerika Serikat (AS) menuding Tiongkok sedang bersiap Perang Dunia 3 dengan terus melakukan militerisasi di Laut China Selatan.

Dalam beberapa tahun terakhir, Tiongkok membangun pangkalan, landasan buatan dan dituding dibuat khusus untuk tujuan militer.

Pembangunan ini menjadi masalah utama bagi negara-negara Asia Tenggara seperti Vietnam, Taiwan, Malaysia, Filipina, dan Brunei Darussalam.

Baca Juga: MotoGP 2020: Joan Mir Lihat Hal 'Mengerikan' di Le Mans Prancis, 'Saya tidak akan Berbohong'

Selengkapnya cek YouTube Pikiran Rakyat

 

Menurut laporan The Philippine Daily Inquirer, ada beberapa foto yang menunjukkan kapal kargo mengirim bahan bangunan ke pulau-pulau yang diklaim Tiongkok sebagai miliknya.

Foto yang lain menunjukkan pembangunan landasan pacu, hanggar, menara kontrol, helipad, kubah, serta serangkaian bangunan bertingkat yang dibangun Tiongkok di atas terumbu karang.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Sumber: Express


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X