AS Kritik Kerja Sama Vatikan-Tiongkok, Paus Fransiskus Langsung Tolak Bertemu Menlu Pompeo

- 28 September 2020, 14:16 WIB
Paus Fransiskus. /Instagram @fransiscus

PIKIRAN RAKYAT - Tensi antara Amerika Serikat (AS) dan Vatikan muncul setelah Paus Francis menolak untuk bertemu dengan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo.

Diplomat top AS itu bersuara lantang dalam kritiknya terhadap hubungan kerjasama antara Vatikan dan Tiongkok.

Vatikan dan Tiongkok diperkirakan akan memutuskan apakah akan memperbarui kesepakatan yang memungkinkan Vatikan menyetujui uskup mana yang ditunjuk oleh gereja-gereja di Negeri Tirai Bambu.

Baca Juga: Pemprov Jabar Siapkan Sejumlah Skenario Antisipasi Keterisian RS yang Sudah Lampu Kuning

Pompeo berpendapat Vatikan seharusnya tidak memperbarui kesepakatan seperti itu dengan Tiongkok, menyoroti penganiayaan agama yang dilakukan oleh pemerintahan Xi Jinping.

"Situasi hak asasi manusia di Tiongkok telah memburuk sangat parah di bawah pemerintahan otokratis Xi Jinping, terutama bagi penganut agama," tulis Pompeo dalam artikelnya di majalah First Things, sebagaimana dikutip Pikiran-rakyat.com dari Express.

Dia menambahkan ada laporan yang dapat dipercaya tentang pembersihan secara paksa dan aborsi Muslim di Xinjiang serta pelecehan terhadap pendeta Katolik dan orang awam.

Baca Juga: Pep Guardiola Bongkar Penyebab Dibantainya Manchester City oleh Leicester 2-5

Pompeo dijadwalkan bertemu dengan Paus Fransiskus untuk membahas pembaruan dari perjanjian Vatikan dengan Tiongkok bulan ini.

Halaman:

Editor: Agil Hari Santoso

Sumber: Express


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X