Timor Leste Sengsara, Ramos Tuduh BUMN Indonesia Pembunuh Sektor Swasta Negaranya, KBRI: Menyesatkan

- 26 September 2020, 13:58 WIB
Timor Leste Kian Sengsara! Ramos Horta Ungkap Bank BRI dan Mandiri Adalah Penjajah Ekonomi Negaranya.* /AFP

PIKIRAN RAKYAT - Dua BUMN Indonesia, BRI dan Bank Mandiri dituding sebagai pembunuh sektor swasta di Timor Leste dan hambat pembangunan serta pertumbuhan ekonomi di Timor Leste.

Hal itu disampaikan mantan Presiden Timor Leste, José Ramos Horta dalam tulisan opininya pada 11 September 2020 di laman media lokal Timor Leste, The Oekusi Post.

Tulisan berjudul Banks in Timor Leste itu beberapa waktu lalu dikutip oleh beberapa media di Indonesia, lantaran pernyataan Ramos Horta yang menyudutkan BUMN Indonesia, yakni BRI dan Bank Mandiri.

Baca Juga: Bingung Berat Badannya Naik hingga 4 Kilogram, Ardi Bakrie: Padahal Enggak Makan Nasi

Ramos Horta menyebut, kedua bank pelat merah itu mematok bunga pinjaman rata-rata mencapai 16 persen atau lebih.

BRI dan Bank Mandiri, kata Ramos Horta, menjadi pembunuh sektor swasta di Timor Leste, dan menghambat pembangunan serta pertumbuhan ekonomi di Timor Leste.

Menanggapi tudingan itu, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Dili mengeluarkan pernyataan tegas bahwa tulisan dari Ramos Horta adalah bias, misleading (menyesatkan), tidak benar adanya, dan tidak sesuai dengan fakta yang ada.

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Sebabkan Laptop Cepat Rusak, Salah Satunya Diletakkan di Atas Paha

"Bank Mandiri Timor-Leste memberikan suku bunga yang sangat kompetitif yaitu untuk usaha produktif atau komersial dengan suku bunga 8-11 persen dan personal loan 9-11 persen, di bawah suku bunga pasar yang berkisar antara 11-14 persen.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Sumber: Warta Ekonomi


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X