Perbatasan Himalaya Memanas, India Minta Tiongkok Mundur saat Pertemuan Pemimpin Militer Mereka

- 22 September 2020, 07:51 WIB
India minta Tiongkok mundur dulu ketika pemimpin kedua negara sedang bertemu. /Pixabay

PIKIRAN RAKYAT - Komandan militer antara Tiongkok dan India bertemu pada Senin, 21 September 2020 di Moldo, sisi Tiongkok dari Line of Actual Control (LAC).

India meminta meminta Tiongkok mundur dulu ketika militer mereka sedang bertemu untuk meredakan perselisihan kedua negara yang terus memanas selama berbulan-bulan.

Dikutip Pikiran-rakyat.com dari SCMP, pertemuan yang dimulai pada pagi hari, mereka mencapai konsensus lima poin untuk segera melepaskan pasukan dan meredakan ketegangan di sepanjang 3.488 km (2.167 mil) LAC, perbatasan yang disengketakan kedua negara.

Baca Juga: Lihat Merchant Baru ShopeePay Minggu Ini untuk Sambut Gajian

Para ahli mengatakan pembicaraan tersebut membawa makna yang sangat penting bagi nasib kebuntuan perbatasan yang telah terjadi New Delhi dan Beijing berselisih selama lima bulan terakhir.

Ini adalah pertama kalinya Komandan Korps India dan Tiongkok bertemu sejak musyawarah 10 jam mereka di Moldo pada 2 Agustus 2020.

Sejak itu, pasukan kedua negara bentrok setidaknya dua kali dan bahkan saling menuduh menembakkan tembakan peringatan ke udara, melanggar perjanjian lama untuk tidak menggunakan senjata api dalam jarak 2 km dari LAC.

Baca Juga: Geram Soal APBN Negaranya, Xanana Gusmao Ajak Rakyatnya 'Kabur' dari Timor Leste

Menurut Sameer Patil, seorang rekan studi keamanan internasional di lembaga think tank Gateway House yang berbasis di Mumbai, India ingin mengirim sinyal ke Tiongkok melalui keterlibatan militer-diplomatik.

Halaman:

Editor: Nuzulia Rega

Sumber: SCMP


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X