Yoshihide Suga Resmi Jadi Perdana Menteri Jepang, Gantikan Shinzo Abe

- 16 September 2020, 20:39 WIB
Yoshihide Suga Resmi Gantikan Shinzo Abe. /ANTARA

PIKIRAN RAKYAT - Yoshihide Suga resmi terpilih sebagai perdana menteri Jepang pada Rabu, 16 September 2020. Dia akan menggantikan pemimpin pendahulu Shinzo Abe yang mengundurkan diri karena alasan kesehatan setelah hampir 8 tahun menjabat.

Dikutip Pikiran-rakyat.com dari Reuters, Suga yang kini sudah berusia 71 tahun, sejak lama menjadi tangan kanan mantan PM Shinzo Abe.

Dia juga telah berjanji untuk mengejar banyak program Abe, termasuk strategi ekonomi 'Abenomics', dan terus maju dengan reformasi struktural, termasuk deregulasi serta menghentikan pertempuran birokrasi.

Baca Juga: Penusukan Syekh Ali Jaber, Spekulasi Pelaku Gila Terjawab sudah, Mahfud MD Pastikan AA Bakal Diadili

Di bawah kepemimpinan Abe, Suga pernah bertugas di posisi penting sekretaris kabinet, bertindak sebagai juru bicara pemerintah dan koordinasi kebijakan.

Suga memenangkan pemilihan kepemimpinan Partai Demokrat Liberal (LDP) yang berkuasa menang telak pada Senin, 15 September 2020.

Ia akan menghadapi banyak tantangan, termasuk mengatasi pandemi Covid-19 sambil menghidupkan kembali ekonomi yang terpukul dan berurusan dengan masyarakat yang menua dengan cepat.

Baca Juga: Ungkap Kondisi RS di DKI Jakarta, Perawat: Ruangan Penuh, di Depan Meja Isinya Pasien

Dengan sedikit pengalaman diplomatik langsung, Suga juga harus mengatasi konfrontasi AS-Tiongkok yang semakin intensif yaitu membangun hubungan dengan pemenang pemilihan presiden AS 3 November 2020 mendata.

Halaman:

Editor: Nuzulia Rega

Sumber: Reuters


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X