Di Tengah Makin Panasnya Konflik dengan Tiongkok, India Tambahkan 5 Jet Tempur Buatan Prancis

- 10 September 2020, 17:28 WIB
Ilustrasi. India datangkan 5 pesawat tempur dari Prancis di tengah memanasnya tensi dengan Tiongkok. /Pixabay/WikiImages

PIKIRAN RAKYAT - Angkatan udara India menambahkan lima jet tempur Rafale buatan Prancis pada Kamis, 10 September 2020n Kamis.

Dikutip Pikiran-rakyat.com dari AP News, penambahan jet tempur ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan militer India di tengah konflik sengketa perbatasan dengan Tiongkok.

India juga telah mengirimkan bantuan jet tempur dan peralatan militer ke wilayah Ladakh usai bentrokan yang terjadi pada 15 Juni 2020 yang menyebabkan 20 tentara India tewas.

Baca Juga: Miris, Selena Gomez Akui Pernah Dijadikan Objek Seksual hingga Alami Trauma

Dalam sebuah upacara, Menteri Pertahanan India Rajnath Singh mengatakan penambahan pesawat tempur sangat signifikan mengingat situasi keamanan di perbatasan India.

Selain kebuntuan di wilayah Ladakh, pasukan India secara teratur bentrok dengan tentara Pakistan di sepanjang perbatasan mereka di Kashmir, yang juga diklaim oleh Pakistan.

Jet tempur tersebut adalah bagian dari kesepakatan senilai 8,78 miliar dolar AS atau sekitar Rp131 triliun yang ditandatangani dengan Prancis pada tahun 2016 ketika India berupaya untuk memodernisasi militernya.

Baca Juga: Catat Waktunya! Ini Jadwal Pencairan BLT Tahap 3 yang Dibocorkan Menaker Ida Fauziyah

Ada 36 pesawat lagi yang dijadwalkan akan dikirim ke India pada tahun 2022 setelah dibuat di Prancis.

Halaman:

Editor: Agil Hari Santoso

Sumber: AP News


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X