Tensi Tiongkok-Taiwan Kian Memanas, Masing-masing Negara Kirim Pasukan Militer ke Laut China Selatan

- 10 Agustus 2020, 12:31 WIB
FORMASI Angkatan Laut Tiongkok, termasuk kapal induk Liaoning (tengah), selama latihan militer di Laut China Selatan.* /AFP/ South Korean Defence Ministry

PIKIRAN RAKYAT - Tensi hubungan antara Tiongkok dan Taiwan terus memanas. Kedua negara dilaporkan mengirim pasukan militer ke Laut China Selatan minggu ini, seperti dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Newsweek.

Berdasarkan foto satelit menunjukkan kendaraan amfibi lapis baja Tiongkok dan peluncur rudal bergerak dan berkumpul di Laut China Selatan.

Di waktu yang sama, Taiwan juga mengirim 200 pasukan marinir ke pos militernya di Kepulauan Pratas, demikian laporan dari SCMP.

Baca Juga: Sempat Ramai Sindiran 'Pak Timbul' ke Prabowo, Gerindra: Tak Ada Lagi Cebong dan Kampret, Gak Baper!

Kepulauan Pratas memang dikendalikan Taiwan, tetapi Tiongkok juga mengklaim kepulauan itu sebagai bagian wilayahnya dengan sebutan Kepulauan Dongsha.

Menurut laporan News.Com.Au, foto-foto satelit juga memperlihatkan kendaraan militer bergerak di kota-kota pesisir Tiongkok, seberang Taiwan. Peluncur rudal berada dalam jangkauan untuk mencapai target Taiwan.

News.Com.Au mengutip dari majalah Asia Kanwa menyebutkan bahwa peluncur roket PCL 191 yang dikerahkan ke wilayah itu mampu menghancurkan semua pangkalan militer dan pemerintah di pulau itu secara akurat.

Baca Juga: Statistik Manchester United vs Copenhagen: Lagi Delete De Gea di Liga Europa

Meskipun Taiwan telah mengirim pasukan marinirnya ke pos terdepan di Pratas, salah seorang pakar militer mengatakan bahwa Tiongkok berkomitmen untuk merebut pulau-pulau itu dengan cara paksa.

Halaman:

Editor: Alanna Arumsari Rachmadi

Sumber: Newsweek


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X