Bikin Tiongkok Murka, AS Umumkan akan Kirim Delegasinya ke Taiwan untuk Bicarakan Covid-19

- 5 Agustus 2020, 20:20 WIB
Kunjungan Sekretaris kesehatan AS, Alex Azar ke Taiwan memicu kemarahan Tiongkok. /AFP/Mandel Ngan

PIKIRAN RAKYAT - Seorang pejabat Amerika Serikat diumumkan akan memimpin delegasi ke Taiwan untuk membahas masalah pandemi Covid-19 dan merayakan nilai-nilai bersama.

Pengumuman kunjungan ke Taiwan ini memicu kemarahan Tiongkok dan mendesak AS agar bertemu dengan Taiwan yang dianggap pemberontak atau separatis.

Sekretaris kesehatan AS, Alex Azar, mengatakan dirinya akan menjadi anggota kabinet pertama yang berkunjung dalam enam tahun terakhir. Kunjungan ini menjadi yang paling signifikan sejak AS secara resmi memutuskan hubungan diplomatik puluhan tahun lalu demi mengejar hubungan baik dengan Tiongkok.

Baca Juga: SpaceX Uji Coba Roket Starship, Elon Musk: Mars Terlihat Nyata

Pihak Taiwan mengatakan kunjungan itu akan berlangsung dalam beberapa hari mendatang.

"Taiwan telah menjadi model transparansi dan kerja sama dalam kesehatan global selama pandemi Covid-19 dan jauh sebelum itu," kata Azar yang juga ketua satuan tugas gugus Covid-19 AS, seperti dikutip Pikiran-rakyat.com dari The Guardian.

"Saya berharap dapat menyampaikan dukungan Presiden Trump untuk kepemimpinan kesehatan global Taiwan dan menggarisbawahi keyakinan kita bersama bahwa masyarakat yang bebas dan demokratis adalah model terbaik untuk melindungi dan mempromosikan kesehatan," tambahnya.

Baca Juga: Inovasi Baru di Tengah Persaingan Transportasi Basis Online, Angkot di Depok Bakal Pasang AC

Dia juga akan mengunjungi presiden Taiwan, Tsai Ing-wen.

Halaman:

Editor: Mitha Paradilla Rayadi

Sumber: The Guardian


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X