Viral Warga Paris Santai Ngopi Romantis saat Kota Dilanda Kerusuhan

- 27 Maret 2023, 08:05 WIB
Viral warga Paris santai ngopi di tengah kerusuhan.
Viral warga Paris santai ngopi di tengah kerusuhan. /Tangkapan layar Twitter/@pawelwargan

PIKIRAN RAKYAT - Di tengah kerusuhan yang pecah di Paris, Prancis, aksi sejumlah warga yang tetap santai menikmati kopi menjadi viral. Dalam video yang beredar, terlihat sebuah restoran yang dipenuhi oleh pengunjung di Paris.

Mereka tampak tenang menikmati makanan, sementara api berkobar di jalan-jalan sekitar lokasi. Salah satu pengunggah video adalah Pawel Wargan di Twitter.

"Orang Prancis benar-benar melakukan meme 'ini baik-baik saja'," katanya.

Dia merujuk pada meme terkenal tentang seekor anjing kartun yang duduk di rumah yang terbakar, dan mengatakan "Ini baik-baik saja". Banyak orang di media sosial telah membagikan kembali tweet tersebut, dan mengatakan bahwa meme tersebut cocok untuk situasi saat ini di Prancis.

Baca Juga: Apa yang Sebenarnya Terjadi di Paris, Menguak Sebab Kerusuhan yang Buat Kota Itu Tak Lagi Romantis

Kerusuhan di Paris

Presiden PrancisEmmanuel Macron menghadapi krisis politik terbesar yang pernah ada. Hal itu disebabkan oleh aksi pemerintahannya yang menabrak reformasi usia pensiun.

Aturan baru yang kontroverisial itu disahkan melalui parlemen, tanpa pengutuan suara. Hal itu pun memicu protes dan amarah di Paris dan kota-kota lain, serta keributan di legislatif.

Pemerintah Prancis menggunakan kekuatan konstitusional khusus untuk mengesahkan undang-undang tanpa pemungutan suara. Artinya, pemerintah tidak memiliki mayoritas suara untuk menaikkan usia pensiun dari 62 menjadi 64.

Protes meningkat di Prancis pada Selasa, 21 Maret 2023, setelah pemerintah nyaris selamat dari pemungutan suaramosi tidak percaya. Ada lebih dari 1.500 protes di kota-kota, di mana tempat sampah dibakar, serta cincin, blokade jalan, protes buruh pelabuhan, barikade gedung universitas, invasi jalur kereta api di stasiun, protes kilang, dan pemadaman listrik oleh pemogokan.

Halaman:

Editor: Eka Alisa Putri


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

x