Mahkamah Agung Turki Ketok Palu, AS Hingga PBB Khawatir Efek Hagia Sophia Kembali Jadi Masjid

- 11 Juli 2020, 07:22 WIB
WARGA Turki menyambut kembalinya Hagia Sophia menjadi masjid setelah difungsikan sebagai museum selama beberapa dekade.* /AFP Photo/Ozan KOSE

PIKIRAN RAKYAT - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengumumkan Hagia Sophia akan dibuka kembali menjadi masjid pada Jumat 10 Juli 2020.

Langkah tersebut didasarkan keputusan Mahkamah Agung Turki yang menyatakan tindakan pendiri negara modern Turki mengubah Hagia Sophia menjadi museum adalah ilegal.

Namun, ternyata kebijakan itu memunculkan kontroversi di negara-negara Barat dan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

Baca Juga: Jadwal Serie A Liga Italia dan Klasemen Pekan 31, Big Match Juventus vs Atalanta Dini Hari Nanti

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Al Jazeera, pengumuman dari Presiden Erdogan terbit beberapa jam setelah Mahkamah Agung Turki ketok palu.

"Keputusan telah diambil oleh manajemen Masjid Ayasofya kepada Direktorat Urusan Agama dan akan segera dibuka untuk salat," tertulis dalam keputusan yang ditandatangani Erdogan.

Pengalihan fungsi Hagia Sophia memang sudah menjadi isu lama yang digaungkan oleh Turki di masa kepemimpinan Recep Tayyip Erdogan.

Baca Juga: Jada Pinkett Dituduh Selingkuhi Will Smith, Berikut 5 Faktanya

Bangunan berusia 1.500 tahun itu menjadi pusat penting bagi peradaban Bizantium maupun Utsmaniyah, dua kekaisaran besar di wilayah Asia Kecil.

Halaman:

Editor: Mahbub Ridhoo Maulaa

Sumber: Al Jazeera


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X