Penjual Durian Patok Harga Sesuai Mobil Pembeli, Pemerintah Malaysia akan Ambil Tindakan Tegas

- 6 Juli 2020, 11:12 WIB
ILUSTRASI. Oknum penjual durian di Malaysia diketahui 'bermain harga' dengan konsumen. Mereka memasang tarif durian berdasarkan mobil pembeli.* /PIXABAY

PIKIRAN RAKYAT - Banyak masyarakat yang menyukai durian dan mencari buah dengan kulit tebal ini di pasaran.

Akan tetapi, populernya durian menjadikan para pedagang bermain 'licik' dan menjual harga durian sesuai dengan tingkat ekonomi sang pembeli.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dalam The Rakyat Post, beberapa penjual durian di Malaysia dikabarkan menjual durian dengan harga berdasarkan mobil yang dikendarai pembeli.

Baca Juga: Tak Hanya Laut China Selatan, Tiongkok dan AS Kini 'Nyalakan' Ketegangan di Selat Bashi

Menurut Departemen Urusan Perdagangan dan Konsumen Domestik (KPDNHEP), penjual durian melakan kecurangan ini dan menarik harga yang cukup tinggi kepada pemilik mobil yang mahal.

loading...

Ketua KPDNHEP Pahang Ahmad Fitri Ali menjelaskan, penjual durian dapat menaikkan harga sebanyak dua hingga tiga kali lipat lebih tinggi.

KPDNHEP juga akan mengawasi secara ketat perdagangan dan bisnis durian agar tidak mengambil keuntungan yang tidak wajar dari konsumen.

Baca Juga: Pengunjung Dibatasi 50 Persen, Pengelola Farmhouse: Kita Sudah Boleh Menerima Wisatawan Luar Jabar

Umumnya, para pedagang akan mendapatkan masalah yang serius jika terbukti tidak menampilkan harga atau ketahuan memanipulasi mesin timbangan.

Halaman:

Editor: Alanna Arumsari Rachmadi

Sumber: therakyatpost


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X