Ancaman Bencana Dahsyat Tiongkok, Gunung Berapi Berusia 140 Juta Tahun Ditemukan di Bawah Hong Kong

- 6 Juli 2020, 08:02 WIB
Ilustrasi Gunung Berapi /Pixabay/Julius_Silver

PIKIRAN RAKYAT - Tiongkok memiliki gunung berapi tersembunyi  berusia 140 juta tahun yang ditemukan di bawah Hong Kong.

Para ilmuwan mengatakan Supervulcano berusia 140 juta tahun itu akan memiliki letusan yang keras dan dapat membentuk wilayah geologi administratif khusus.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman Express, supervulcano adalah gunung berapi besar yang memiliki erupsi dengan Volcanic Explosivity Index (VEI) delapan, yang merupakan nilai terbesar pada indeks.

Baca Juga: Tak Terganggu Ucapan Ahok Kala Mengumbar Aib Dirinya, Veronica Tan Banjir Dukungan

Hal ini mengartikan volume simpanan untuk letusan itu lebih besar dari 1.000 kilometer kubik, cukup untuk menghapus seluruh kota dari peta dan menyebabkan bencana global dari efek yang ditimbulkannya, seperti musim dingin nuklir.

loading...

Geologi Hong Kong didominasi oleh batuan beku, termasuk batuan granit dan batuan vulkanik, yang terbentuk selama periode letusan gunung berapi besar di era Mesozoikum.

Para peneliti mengatakan asal mula kota dapat ditelusuri kembali ke lava dan abu yang tertinggal setelah letusan supervulcano 140 juta tahun yang lalu di daerah tersebut.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Pakai Kaos 'Bojoku Galak', sang Istri: Tapi Ngangenin

Penemuan ini dibuat oleh ahli geologi selama survei harian, mereka menemukan bahwa batuan yang dilihat semuanya dapat dihubungkan dengan satu sumber, dan menjadikan penemuan itu sebagai yang pertama dari jenisnya di wilayah tersebut.

Halaman:

Editor: Rahmi Nurfajriani


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X