Minta WHO Selidiki dengan Adil, Tiongkok Kini Tuding Virus Corona Berasal dari Spanyol

- 5 Juli 2020, 07:42 WIB
ILUSTRASI pandemi Virus Corona (Covid-19).* /Pexels/Anna Shvets

PIKIRAN RAKYAT - Saat dunia menunjuk Wuhan sebagai tempat awal munculnya pandemi Covid-19, Tiongkok secara sensasional mengarahkan jari ke Spanyol atas permulaan wabah global virus corona.

Tiongkok telah lama diidentifikasi sebagai pusat virus mematikan yang kini telah mencatat 532.8834 kematian di seluruh dunia.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akan memulai misi pelingkupan di Beijing dalam beberapa hari untuk menetapkan penyebab wabah tersebut.

Baca Juga: Suka Pamer Kekayaan di Medsos, Seorang Selebgram Ditangkap atas Dugaan Pencucian Uang dan Penipuan

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman Express, menjelang misi penting itu, salah satu peneliti top Tiongkok, Wang Guangfa bersikeras agar WHO juga harus pergi ke Spanyol.

loading...

Pejabat senior Tiongkok itu mereferensikan peneliti di Barcelona yang menyatakan jika mereka mendeteksi Covid-19 dalam 'air limbah' pada Maret 2019 lalu.

"Tidak masalah dari negara mana pekerjaan identifikasi ilmiah dimulai, asalkan melibatkan semua negara terkait dan dilakukan dengan adil," ujar Kepala Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Tiongkok, Zeng Guang.

Baca Juga: Dituding AS Gagal Tangani Pandemi Covid-19, WHO Ungkap Asal-usul Informasi Virus Corona

Dia juga menambahkan kehadiran Covid-19 dalam sampel di Ibu Kota Catalan, Barcelona sembilan bulan sebelum penyakit ini pertama kali dilaporkan di Wuhan, Tiongkok menunjukkan potensi asal wabah yang berbeda.

Halaman:

Editor: Rahmi Nurfajriani

Sumber: Express


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X