Catat Rekor, Jumlah Kehilangan Orang akibat Demensia di Jepang Meningkat 2 Kali Lipat

- 4 Juli 2020, 12:10 WIB
ILUSTRASI penyakit Demensia.* /Pixabay

PIKIRAN RAKYAT - Jepang merupakan negara yang paling cepat menua di dunia dan lebih dari 28 persen populasinya atau hampir 36 juta orang berusia di atas 65 tahun, proporsi yang akan meningkat menjadi 35 persen pada tahun 2040.

Di tahun 2019 lalu, Jepang catat rekor karena sebanyak 17.479 orang dengan demensia hilang dan sekitar 245 orang masih belum ditemukan. 

Badan Kepolisian Nasional Jepang telah mengumumkan bahwa pihaknya menyoroti masalah yang berkembang terkait dengan populasi menua dengan cepat ini. 

Baca Juga: Kasus Pembunuhan Jamal Khashoggi, Jasad Diduga Dipanggang Usai Pengakuan Teknisi Konsulat Arab Saudi

Jumlah kehilangan di Jepang karena demensia hampir dua kali lipat dalam dekade terakhir dan jumlah orang yang terkena penyakit diperkirakan akan mencapai 7 juta pada tahun 2025.

loading...

"Adalah penting bahwa seluruh masyarakat menangani masalah ini dengan kerja sama yang erat antara anggota keluarga, kota dan bisnis," ujar Ryota Takeda, kepala Komisi Keamanan Publik Nasional.

Pemerintah pusat meluncurkan program baru tahun lalu untuk mencegah mereka yang kondisinya berbahaya dan mendukung mereka yang tinggal di masyarakat.

Baca Juga: Ayu Ting Ting Pilih antara Didi Riyadi dan Ivan Gunawan, Pakar Mikro Ekspresi: Dia Sedih

Lembaga penyiaran publik NHK telah menjalankan serangkaian program yang mencakup topik yang bertujuan untuk membantu keluarga merawat mereka yang menderita penyakit tersebut.

Halaman:

Editor: Yuni

Sumber: Pikiran Rakyat Cirebon


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X