Borong Puluhan Jet Tempur, India Siap Siaga Hadapi Tiongkok dan Satu Negara Lagi di Perbatasan

- 3 Juli 2020, 13:57 WIB
Ilustrasi jet tempur.* /Reuters/Amit Dave

PIKIRAN RAKYAT - Kementerian Pertahanan India pada hari Kamis menandatangani pembelian 33 jet tempur Rusia dan melakukan upgrade atau peningkatan 59 pesawat lainnya.

Pembelian puluhan jet tempur beserta peningkatan pesawat yang dimiliki India ini dilaporkan menghabiskan biaya hingga $ 2,4 miliar atau setara lebih dari Rp34 Triliun.

India membeli jet tempur dari Rusia dengan tipe 21 MiG-29 dan 12 Su-30 MKI, serta melakukan peningkatan pesawat 59 MiG-29 yang ada. Hal ini sekaligus menambah skuadron tempur Angkatan Udara India.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Juli 2020, Aries dan Taurus Berbahagia Bulan Ini

Kementerian juga mengabarkan bahwa telah menyetujui pengembangan sistem rudal yang dimiliki untuk tiga cabang militer yang ada.

Tak hanya itu, India juga telah menambah amunisi yang diperlukan serta meningkatkan kemampuan kendaraan tempur infanteri untuk tentara.

Pembelian serta peningkatan kemampuan ini diakui sebagai upaya untuk semakin memperkuat angkatan senjata dan melindungi perbatasan.

Baca Juga: Gelandang Persib Ungkapkan Manfaat dari Latihan Mandiri

“Ini kebutuhan untuk memperkuat angkatan bersenjata dan melindungi perbatasan kita. Ini adalah seruan dari Perdana Menteri Narendra Modi untuk 'India yang mandiri’,” kata kementerian dalam sebuah pernyataan yang dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Al Jazeera.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X