Covid-19 Saja Belum Usai, Tiongkok Peringatkan Pandemi Flu Babi Baru yang Bisa Menjangkiti Manusia

- 2 Juli 2020, 12:14 WIB
Ilustrasi Babi. /Pixabay

PIKIRAN RAKYAT - Dunia masih disibukkan dengan pandemi Covid-19 yang menyebabkan hantaman besar bagi seluruh sektor termasuk ekonomi dunia. Belum lagi usai memerangi Covid-19, kini para peneliti di Tiongkok mengeluarkan peringatan dini atas kemungkinan terjadinya pandemi lain yang disebabkan oleh virus flu babi.

Meski peringatan dini itu sudah dipublikasikan oleh para peneliti di Tiongkok, namun para pakar pengendalian penyakit setempat menyatakan bahwa tidak seharusnya masyarakat panik karena tidak ada tanda-tanda pada peternakan babi terkait virus tersebut.

Baca Juga: Upaya Kurangi Penggunaan Kantong Sekali Pakai, Jepang Mulai Terapkan Kebijakan Plastik Berbayar

Para ilmuwan dari Tiongkok Agriculture University, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Tiongkok (CCDC), dan lembaga lain telah mendeteksi virus flu babi mengandung genotipe 4 (G4) yang menular di antara babi dan memiliki kemungkinan bisa melompat ke manusia dan menjangkiti manusia karena virus G4 bisa terhubung dengan sel manusia. Studi tersebut dipublikasikan di jurnal sains AS, PNAS, Senin 29 Juni lalu.

Virus G4 yang merupakan turunan dari H1N1 merupakan flu musiman dan sampel uji yang disebutkan dalam penelitian tersebut tidak cukup mewakili, demikian pernyataan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Zhao Lijian, kepada wartawan, Rabu 1 Juli 2020.

loading...

Baca Juga: Diskon Besar-Besaran Toyota Fortuner, Potongan Harga Tembus Rp 70 Juta

"Departemen terkait masih akan terus memantau secara cermat," ujarnya menambahkan.

Para peneliti mengumpulkan sampel dari babi di 10 provinsi di Tiongkok selama periode 2011-2018 dan mendapati virus tersebut dalam babi sejak 2016.

Sekitar 10,4 persen dari pekerja peternakan babi hasil tesnya positif, demikian hasil penelitian tersebut.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X