Virus Flu yang Berpotensi Jadi Pandemi Baru Ditemukan Lagi di Tiongkok, WHO: Perlu Waspada

- 1 Juli 2020, 07:49 WIB
ILUSTRASI virus.* /pixabay

PIKIRAN RAKYAT - Para peneliti asal Tiongkok kembali mengejutkan dunia dengan mengungkapkan sebuah virus flu baru yang berasal dari tubuh seekor babi.

Dinamai G4 E4 H1N1, galur (strain) virus ini memiliki susunan genetik yang mirip dengan Flu Babi, yakni A/H1N1pdm09, yang menyebar pada tahun 2009 lalu.

Adanya kemungkinan muncul pandemi baru, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akan membaca dan mengkaji dengan seksama, hasil studi yang dikeluarkan Tiongkok tentang virus flu baru yang ditemukan pada babi.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Terus Bertambah, WHO Peringatkan bahwa Virus Corona Tidak akan Berakhir

Dikabarkan Reuters, pada Selasa, 30 Juni 2020 kemarin, seorang juru bicara dari WHO mengatakan jika temuan tersebut menggarisbawahi pentingnya pengawasan influenza selama pandemi Covid-19.

loading...

Studi Tiongkok itu menyebutkan, jika virus flu baru yang ditemukan pada babi di Tiongkok telah menjadi lebih menular ke manusia sehingga perlu diawasi secara ketat, karena itu berpotensi sebagai 'virus pandemi'.

Juru bicara WHO, Christian Lindmeier mengatakan kini lembaga sedang membaca dengan seksama dan berusaha memahami hal baru pada virus yang ditemukan.

Baca Juga: Di Tengah Wabah Corona, Puluhan Ribu Orang Memilih Bersesakan di Jalanan Sudan Menuntut Reformasi

"Kami akan membaca makalah ini dengan seksama untuk memahami apa yang baru," ujar Christian Lindmeier di Jenewa, sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com.

Halaman:

Editor: Rahmi Nurfajriani

Sumber: Reuters, Independent


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X