Usai ASEAN Kecam Tiongkok di Laut China Selatan, Kapal Induk AS Lakukan Latihan Bersama

- 30 Juni 2020, 21:45 WIB
Kapal induk USS Nimitz (kiri), USS Ronald Reagan (tengah) dan USS Theodore Roosevelt (kanan) sewaktu beroperasi di laut Korea Selatan pada tahun 2017. /AFP/ South Korean Defence Ministry

PIKIRAN RAKYAT - Dua kapal induk Amerika Serikat (AS) memulai latihan bersama di Laut Filipina pada Minggu, 28 Juni 2020.

Latihan bersama ini dilakukan setelah pemimpin dari negara-negara Asia Tenggara mengecam klaim Tiongkok di seluruh Laut China Selatan dengan alasan historis.

Kapal USS Nimitz dan USS Ronald Reagan Carrier Strike Groups memulai latihan untuk meningkatkan komitmen responsif, fleksibel, dan abadi antara AS dengan sekutunya di Indo-Pasifik.

Baca Juga: Torino vs Lazio di Serie A: Ulasan Lengkap, Prediksi, Statistik, dan Peluang 

Latihan bersama juga dilakukan tepat seminggu setelah Nimitz dan operator lain, USS Theodore Roosevelt melakukan operasi bersama mereka sendiri di daerah tersebut.

loading...

Jarang terlihat tiga kapal induk AS beroperasi pada saat bersamaan di Pasifik Barat.

Laksamana Muda George Wikoff, komandan Carrier Strike Group 5 mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa latihan itu dimaksudkan untuk memperkuat kemampuan Angkatan Laut AS untuk melakukan 'semua operasi perang domain'.

Baca Juga: Akuntan Didorong Proaktif Membantu Pemerintah Dalam Penggunaan APBD, Terutama Terkait Pandemi 

"Angkatan Laut AS tetap memiliki misi yang siap dan dikerahkan secara global. Operasi dual carrier menunjukkan komitmen kami terhadap sekutu regional, kemampuan kami untuk secara cepat memerangi kekuatan di Indo-Pasifik, dan kesiapan kami untuk menghadapi semua pihak yang menentang hukum-hukum internasional yang mendukung stabilitas regional,” kata Wikoff, seperti dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Japan Times.

Halaman:

Editor: Alanna Arumsari Rachmadi

Sumber: Japan Times


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X