Sengketa Perbatasan Memanas, India Memblokir 59 Aplikasi Asal Tiongkok Termasuk TikTok dan WeChat

- 30 Juni 2020, 09:57 WIB
Ilustrasi aplikasi TikTok. / ANTARA/Arindra Meodia

PIKIRAN RAKYAT - Sebagai respon atas memanasnya sengketa perbatasan di antara India dan Tiongkok pada bulan ini, India memblokir 59 aplikasi yang sebagin besar merupakan aplikasi seluler asal Tiongkok, seperti TikTok milik Bytedance dan WeChat milik Tencent.

Perintah yang menyatakan aplikasi tersebut merugikan kedaulatan dan integritas India, pertahanan India, keamanan negara dan ketertiban umum itu dikeluarkan Kementerian Teknologi India, Senin 29 Juni 2020.

Mengikuti kebijakan itu, Google dan Apple harus menghapus aplikasi-aplikasi tersebut dari toko Android dan iOS.

Baca Juga: Dianggap Mengandung Ujaran Kebencian, Konten Soal Donald Trump Dilarang di Twitch dan Reddit

Langkah itu dilakukan setelah bentrokan perbatasan antara kedua negara di daerah Himalaya awal bulan ini yang mengakibatkan kematian 20 tentara India.

Larangan itu diharapkan menjadi batu sandungan besar bagi perusahaan-perusahaan Tiongkok, seperti Bytedance di India, yang merupakan salah satu pasar layanan web terbesar di dunia.

Bytedance yang berkantor pusat di Beijing memiliki rencana untuk menginvestasikan 1 miliar dolar AS di India, membuka pusat data lokal, dan baru-baru ini meningkatkan jumlah perekrutan di negara tersebut.

Baca Juga: Proses Perceraian Terhambat, Meggy Wulandari Geram Kiwil Sulit Dihubungi

India adalah pendorong terbesar instalasi aplikasi TikTok, terhitung 611 juta unduhan atau 30,3 persen dari total jumlah unduhan, kata perusahaan analisis aplikasi Sensor Tower pada bulan April.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

Galamedia News

Cadangan Uang

9 Juli 2020, 21:17 WIB
X