Jepang Klaim Amati Gerak-gerik Aneh Korea Utara hingga Curiga Soal Kesehatan Kim Jong-un

- 27 Juni 2020, 16:19 WIB
MENTERI Pertahanan Jepang Taro Kono (kanan) mengklaim telah memantau sikap Korea Utara yang aneh akhir-akhir ini.* /Kolase AFP Photo/STR dan AFP Photo/Eric BARADAT

PIKIRAN RAKYAT - Keberadaan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un sempat menjadi isu dunia lantaran ia menghilang cukup lama dari publik.

Setelah sempat diisukan meninggal, pria 36 tahun itu tiba-tiba muncul ke acara publik. Namun hanya dalam waktu yang sangat singkat, Kim menghilang lagi.

Peristiwa yang tidak biasa ini menjadi tanda tanya bagi komunitas internasional, terutama negara-negara di kawasan Asia Timur.

Baca Juga: Tetap Prima di Usia Senja, Kapten Persib Supardi Nasir Ungkap Rahasianya

Sebagaimana dikabarkan Pikiran-Rakyat.com, Kim pertama kali dikabarkan sakit keras pada pertengahan April 2020, ketika dirinya tak menghadiri peringatan ulang tahun sang kakek, Kim Il-sung.

ia diyakini sakit sehabis menjalani operasi jantung. Namun, 20 hari kemudian Kim menghadiri acara peresmian pabrik pupuk fosfat di Pyongyang pada Jumat 1 Mei 2020.

Usai menghilang lagi, Kim muncul dalam rapat Komite Pusat Partai Buruh Korea pada Minggu 7 Juni 2020 silam. Setelah itu, ia belum terlihat lagi.

Baca Juga: Breaking News: Update Kasus Virus Corona Indonesia Sabtu 27 Juni 2020, Total 52. 812 Orang Positif

Menteri Pertahanan Jepang Taro Kono menyebut gerak-gerik Kim Jong-un sudah sangat mencurigakan.

Halaman:

Editor: Mahbub Ridhoo Maulaa

Sumber: The Sun


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X