Jika Pemimpin Korea Utara Lengser, Penggantinya Disebut akan 'Lebih Berbahaya' dibanding Kim Jong-un

- 22 Juni 2020, 10:04 WIB
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un /AFP

PIKIRAN RAKYAT - Seorang pakar mengatakan jika adik dari Kim Jong-un, Kim Yo-jong telah banyak diperkirakan akan menggantikan saudara laki-lakinya dan akan melakukan 'pembersihan' yang sangat buruk sebagai pemimpin tertinggi.

Sebelum desas-desus itu disangkal, beberapa waktu lalu sempat beredar kabar bahwa Pemimpin Tertinggi Korea Utara telah meninggal karena kondisi kesehatannya yang buruk.

Kim Yo-jong saudara perempuan dari Kim Jong-un telah menjadi sosok yang jauh lebih terlihat di negara tertutup itu dan mungkin mengambil alih kekuasaan dari kakaknya jika dia meninggal dan anak-anaknya terlalu muda untuk melanjutkan.

Baca Juga: HUT Jakarta di Tengah Pandemi, Pemprov DKI: Kita akan Melewati Semua

Dalam pukulan terhadap hubungan antar-Korea, dia juga mengklaim sekarang saatnya untuk memutuskan hubungan dengan otoritas Korea Selatan sebelum serangan itu.

Selain Kim, saudara perempuannya memegang kekuasaan dalam jumlah besar di negara itu dan dia adalah wakil Presiden Departemen Front Bersatu dalam Partai Buruh yang berkuasa serta anggota pengganti Politbiro negara.

Namun, di Korea Utara, para pemimpin masa depan harus membangun kepercayaan sebagai seseorang yang dapat menantang atau menghadapi Korea Selatan dan Amerika Serikat, sesuatu yang katanya saat ini mulai dilakukan.

Baca Juga: Usai Bantai 20 Tentara India, Tiongkok Klaim Seluruh Wilayah Lembah Galwan secara Sepihak

Kepada Express, dosen senior srudi Korea Utara di University of Central Lancashire, Inggris, Dr. Sojin Lim menegaskan bahwa pemimpin potensial bisa menjadi pemimpin yang jauh lebih otoriter daripada kakaknya.

Halaman:

Editor: Rahmi Nurfajriani

Sumber: Express


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X