Putin Nekat Caplok Wilayah Ukraina, Biden: Rusia Mengorganisir Referendum Palsu

- 23 September 2022, 08:53 WIB
Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden.
Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden. /KEVIN LAMARQUE

PIKIRAN RAKYAT – Rusia akan memulai rencananya untuk mencaplok 15 persen wilayah Ukraina pada Jumat, 23 September 2022. 

Rusia akan lakukan referendum di empat wilayah yang dikendalikan oleh pasukan Rusia. Langkah ini dianggap pelanggaran berat terhadap hukum internasional oleh negara-negara Barat. Karena akan secara signifikan meningkatkan perang.

Setelah tujuh bulan berperang, awal bulan September Rusia alami kekalahan kritis medan perang di timur laut Ukraina

Presiden Rusia Vladimir Putin secara eksplisit mendukung referendum. Masyarakat di wilayah yang dikuasai Rusia diperintahkan berbaris dan memberikan suara cepat untuk bergabung dengan Rusia.

Baca Juga: Induk Semang Pelacur Dirungkus Polresta Padang: Tersangka Eksploitasi Anak Usia 16 Tahun ke Pria Hidung Belang

Dilaporkan Reuters, Pemungutan suara akan dilakukan oleh The self-styled Donetsk (DPR) dan The Luhansk People's Republics (LPR). Keduanya merupakan lembaga independen yang diakui Putin sebelum invasi. Serta administrasi yang di bangun Rusia di wilayah Kherson dan Zaporizhzhia.

Meskipun begitu, tidak jelas bagaimana pemungutan suara akan berjalan di zona perang ketika banyak orang telah mengungsi. Rusia menguasai Sebagian besar Luhansk dan Kherson, 80 persen wilayah Zaporizhzhia dan wilayah Donetsk 60 persen.

Negara-negara Barat dan Ukraina meyakini pemungutan suara ini palsu dan hanyalah tipuan. Namun pemungutan akan dimulai Jumat dan akan berakhir pada hari Selasa, dengan hasil yang diharapkan muncul secepatnya. Rusia akan resmi mencaplok daerah-daerah tersebut setelah hasil referendum keluar.

Baca Juga: 'Wanita Emas' Jadi Tersangka Maling Uang Rakyat, Sempat Dijemput Paksa karena Sering Mangkir

Mengenai rencana pencaplokan yang dilakukan Rusia, Presiden Amerika Serikat, Joe Biden menilai referendum yang dilakukan Rusia adalah palsu.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network