Setelah 'Ramal' Covid-19, Bill Gates Peringatkan Soal Ledakan Pandemi Selanjutnya 20 Tahun Lagi

- 30 Mei 2022, 09:55 WIB
Ilustrasi virus.
Ilustrasi virus. /Pixabay/Alexandra_Koch

PIKIRAN RAKYAT - Pendiri Microsoft Bill Gates kembali memperingatkan umat manusia soal pandemi berikutnya mungkin akan timbul dari virus yang telah diketahui saat ini.

Dalam wawancara terbaru bersama El Diario pada Minggu, 29 Mei 2022, dia mengatakan bahwa ada kemungkinan 50 persen wabah berikutnya bisa muncul dalam waktu 20 tahun.

Tahun 2015, Bill Gates sempat memprediksikan dunia tidak siap untuk menghadapi pandemi berikutnya yang tak terhindarkan, lalu pada 2019 muncul virus corona yang menampar banyak negara.

Pernyataan itu sontak jadi sorotan, hingga tuai pujian sebab dinilai sebagai ramalan yang jadi nyata, padahal Gates tidak memiliki gelar atau kualifikasi medis.

Baca Juga: Pebisnis Kelas Kakap Dunia Konfirmasi akan Hadiri B20 Summit di Bali, Ada Elon Musk hingga Bill Gates

Selain virus yang sudah diketahui, menurut Bill Gates, pandemi berikutnya bisa jadi dihasilkan agen bioteror buatan manusia, atau karena perubahan iklim.

Miliarder tersebut mengupayakan rencana filantropi untuk fokus terutama pada vaksinasi dan perubahan iklim.

Demi menangkal pandemi berikutnya, menurut Gates, negara-negara harus menghabiskan miliaran dolar untuk meneliti patogen potensial.

Dia lalu menyerukan pembentukan tim spesialis berkekuatan 3.000 orang hanya untuk satu tugas tersebut. Gugus tugas yang dia beri nama GERM (Global Epidemic Response and Mobilization).

Halaman:

Editor: Rahmi Nurfajriani

Sumber: RT News

Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network