Media Rusia Beberkan Ada Lab Biologis 'Rahasia' AS di Jakarta: Orang Tak Sadar, Ada Selama 40 Tahun

- 29 Mei 2022, 17:30 WIB
Ilustrasi laboratorium.
Ilustrasi laboratorium. /Pixabay/Bokskapet

PIKIRAN RAKYAT - Di tengah penyelidikan terhadap penelitian biologi Amerika Serikat (AS) di Ukraina, media Rusia membeberkan terkait lab serupa yang berada di Indonesia.

Mereka mengungkapkan bahwa kegiatan yang dilakukan AS di bagian lain dunia itu sekarang sedang diselidiki dengan pengawasan ekstra.

Hal itu berawal dari adanya dugaan pelanggaran hukum di Tanah Air oleh personel Angkatan Laut AS selama latihan kemitraan Pasifik 2016 di kota pesisir Padang, Sumatra Barat.

Menurut dokumen yang diperoleh, ahli bedah angkatan laut AS melakukan operasi pada 23 pasien lokal di atas kapal rumah sakit USNS Mercy tanpa koordinasi dengan Kementerian Kesehatan Indonesia.

Baca Juga: Ridwan Kamil Ajukan Perpanjangan Cuti Pantau Pencarian Eril, Wagub Uu Minta Pengertian Masyarakat

Personel kapal kemungkinan secara diam-diam telah mengekspor sampel darah yang diambil dari puluhan pasien Indonesia, dan mengangkut tiga anjing gila dari daerah di Sumatra Barat yang dikenal sebagai wilayah endemik rabies tanpa izin pemerintah Indonesia.

Pejabat kesehatan Padang juga mengatakan bahwa AS ingin mendapatkan sampel virus demam berdarah dari nyamuk lokal.

Insiden ini pun mengingatkan tentang kisah NAMRU-2, sebuah laboratorium biologi Angkatan Laut AS yang ada di Jakarta dari tahun 1970 hingga 2009.

Laboratorium itu pun dilarang oleh Kementerian Kesehatan karena menjadi "ancaman bagi kedaulatan Indonesia".

Halaman:

Editor: Eka Alisa Putri

Sumber: Sputnik News

Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network