Bukan Lagi Wacana, Jaksa Agung Ukraina Siap Mengadili Tiga Penjahat Perang Rusia Perdana di Pengadilan

- 12 Mei 2022, 13:43 WIB
Ilustrasi palu, hukum, peraturan.
Ilustrasi palu, hukum, peraturan. /Pixabay/succo

PIKIRAN RAKYAT – Tiga tentara Rusia akan diadili dalam pengadilan kejahatan perang pertama, sejak invasi berlangsung di Ukraina.

Jaksa agung Ukraina menegaskan kali ini pengadilan bukan sekadar wacana. Tiga tawanan perang Rusia tersebut akan dipidanakan dengan tuduhan perkosaan dan pembunuhan warga sipil.

Lebih dari 10.700 kejahatan telah dicatat kantor jaksa agung Ukraina sejak perang dimulai.

Tim pemantau kasus dipimpin oleh Iryna Venediktova, dan beberapa diantaranya kini telah diajukan atau siap diajukan.

Baca Juga: Rusia Klaim AS Bantu Ukraina Tularkan TBC Lewat Uang Palsu ke Penduduk Lugansk

Komandan Divisi Tank Kantemirovskaya, Vadim Shysimarin (21) akan menjadi orang pertama yang diadili atas dugaan pembunuhannya terhadap seorang pria Ukraina berusia 68 tahun. Dia saat ini sedang berada dalam tahanan Ukraina.

Shysimarin diketahui merupakan sersan yang telah bertempur di wilayah Sumy di timur laut Ukraina ketika pembunuhan atas warga sipil itu terjadi, tepatnya di desa Chupakhivka pada 28 Februari.

Dia dituduh mengendarai mobil curian dengan empat tentara lainnya saat berusaha melarikan diri. Dia lalu menembak mati seorang pria tak bersenjata yang saat itu sedang mengendarai sepedanya.

"Dia diperintahkan untuk membunuh seorang warga sipil supaya warga tersebut tidak melaporkan mereka ke pasukan Ukraina,” kata perwakilan jaksa agung, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari The Guardian.

Halaman:

Editor: Rahmi Nurfajriani


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network