Ikuti Jejak Trump, Bolsonaro Ancam Hengkang dari WHO usai Diperingatkan agar Tidak Membuka Karantina

- 6 Juni 2020, 10:20 WIB
Presiden Brazil Jair Bolsonaro berbicara dengan wartawan sambil memakai masker pelindung saat ia tiba di Alvorada Palace, di tengah penyebaran penyakit virus korona (Covid-19) di Brasilia, Brazil, Jumat 22 Mei 2020. /ANTARA/Reuters/Adriano Mochado

PIKIRAN RAKYAT - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan pemerintah-pemerintah atas risiko mencabut karantina wilayah sebelum penyebaran virus corona baru SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 melambat.

Hal yang bertentangan dengan kebijakan pemerintah Brasil. Peringatan WHO itu memicu reaksi dengan Presiden Brasil Jair Bolsonaro Jumat 6 Juni 2020 waktu setempat mengancam akan keluar dari keanggotaan organisasi bagian dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) itu.

Baca Juga: Ungkap Peruntungan Meghan Markle, Ahli Astrologi Kerajaan: Tak Mencapai Tujuan yang Diinginkan

Catatan tertinggi baru Brasil untuk korban meninggal harian akibat Covid-19 mengakibatkan korban meninggal melewati yang terjadi di Italia pada Kamis 4 Juni malam waktu setempat.

Akan tetapi Bolsonaro terus berargumen untuk mencabut secepatnya perintah isolasi negara bagian, seraya berpendapat bahwa ongkos ekonomi mereka melampaui risiko kesehatan masyarakat.

Baca Juga: Wabah Corona Belum Usai, Ratusan Warga Inggris Nekat Plesir ke Danau Beracun Tambang Kapur

Halaman depan koran Brasil Folha de S. Paulo menggarisbawahi bahwa hanya dalam tempo 100 hari sejak Bolsonaro menggambarkan virus corona sebagai "flu sepele" itu kini telah "membunuh satu orang Brazil per menit".

"Ketika Anda membaca (koran, red) ini, orang Brasil lain meninggal akibat virus corona," kata koran itu.

Baca Juga: Sang Kekasih Ungkap Keinginan George Floyd, Membuat Restoran dan Mempekerjakan Mantan Narapidana

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Sumber: Antara, Reuters


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X