Dokumen WHO Bocor ke Publik, Sikap Tiongkok saat Awal Wabah Virus Corona Terungkap

- 3 Juni 2020, 15:16 WIB
ILUSTRASI virus corona.* /pixabay

PIKIRAN RAKYAT - Sebuah penyelidikan baru-baru ini mengungkapkan bahwa Tiongkok telah menahan informasi penting terkait virus corona.

Tiongkok menunda tanggapan international terhadap wabah itu, selama berminggu-minggu saat pertama kali kemunculannya diketahui pada Januari 2020 lalu.

Berdasarkan dokumen dan kesaksian dari pihak internal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yang diperoleh oleh Associated Press (AP), mengungkapkan bahwa pejabat Tiongkok gagal membagikan peta genetik atau genom dari virus selama lebih dari seminggu setelah berhasil menguraikannya pertama kali.

Baca Juga: Amerika Serikat Was-was, Aksi Protes George Floyd Bisa Berujung Transmisi Baru Wabah Virus Corona

Selain itu, usai dua minggu pejabat Tiongkok gagal mengungkapkan bahwa virus itu dapat ditularkan antara manusia ke manusia.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman Business Insider, para ilmuwan di Institut Virologi Wuhan, Tiongkok menguraikan virus pada 2 Januari 2020 silam.

Namun, pihak pejabat kesehatan Tiongkok tidak mempublikasikan rincian temuan mereka sampai lebih dari seminggu kemudian dari 12 Januari 2020 lalu.

Baca Juga: Maia Estianty Ungkap Kekesalannya Ikut Terapi Psikolog saat Berpisah dari Ahmad Dhani

Dikabarkan AP, baru pada tanggal 20 Januari 2020 lalu, negara Tiongkok mengumumkan penemuan tersebut pada WHO dan pemerintah lainnya bahwa virus dapat menular antar manusia.

Halaman:

Editor: Rahmi Nurfajriani

Sumber: Business Insider


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X