Media Asing Soroti Kenapa Orang Indonesia Dukung Invasi Rusia ke Ukraina, Vladimir Putin Pro Islam

- 9 Maret 2022, 11:35 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi. /Pexels/Katie Godowski


PIKIRAN RAKYAT - Dalam voting yang diadakan Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) beberapa waktu lalu, Indonesia bersama 140 negara lainnya mendukung resolusi untuk mengutuk invasi Rusia ke Ukraina.

Namun, media asing South China Morning Post menyoroti sikap resmi Indonesia di PBB ternyata tidak dimiliki oleh semua warga Indonesia.

Mako Setiawati asal Situbondo, Jawa Timur menjadi salah satu yang mendukung Rusia menginvasi Ukraina. Mako (75) yang juga orang Tionghoa, mengaku mendapat informasi dari aplikasi pesan China Weibo tentang sudut pandang Rusia dalam konflik di Ukraina.

Baca Juga: Oknum Kepala Desa di Bandung Diduga Aniaya Warga

Dalam pesan yang diterima Mako, terdapat analogi yang menjelaskan bahwa Rusia adalah sosok ayah yang menderita dan membiarkan istrinya (Ukraina) tidak tahu berterima kasih dan kemudian bercerai.

Sosok ayah kemudian melunasi hutangnya, tapi mantan istri kemudian terlibat dengan pengganggu desa (dalam analogi ini Amerika Serikat).

Lalu, sang istri kemudian berteman dengan sekelompok pelacur (sekutu AS) dan menodai nama mantan suaminya.

Sang suami kemudian kehilangan kesabarannya dan menuntut mengembalikan anaknya (analogi Rusia mencaplok Krimea). Tetapi sang istri juga mulai memperlakukan anak-anak lainnya dengan buruk dan memaksa untuk menghadapinya.

Baca Juga: Reza Arap Gigit Jari, Uang Saweran Rp1 Miliar dari Doni Salmanan Terancam Disita Polisi

"Saya hampir tidak bisa bersimpati dengan Ukraina karena memperlakukan Rusia dengan buruk dan sekarang menuai buah dari penaburannya sendiri," kata Mako kepada SCMP, dikutip Pikiran-rakyat.com, Rabu, 9 Maret 2022.

Halaman:

Editor: Julkifli Sinuhaji

Sumber: SCMP YouTube Helmy Yahya Bicara

Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network