Bersumpah Kerahkan Militer, Trump Kedapatan Berfoto Saat Kerusuhan Pecah

- 2 Juni 2020, 12:39 WIB
Presiden AS Donald Trump mengangkat sebuah Alkitab di luar gereja Episcopal St John di seberang Lafayette Park di Washington, DC pada 1 Juni 2020. /BRENDAN SMIALOWSKI / AFP via Getty Images

PIKIRAN RAKYAT - Presiden Donald Trump pada hari Senin bersumpah untuk menggunakan militer AS untuk menghentikan protes atas kematian seorang pria kulit hitam George Floyd.

Tetapi ketika kegelapan turun beberapa jam setelah pernyataan presiden di Taman Mawar Gedung Putih, kekerasan meletus untuk malam ketujuh. Demonstran membakar sebuah mal di Los Angeles dan menjarah toko-toko di New York City.

"Wali Kota dan Gubernur harus membangun kehadiran penegakan hukum yang luar biasa sampai kekerasan telah diatasi. Jika sebuah kota atau negara menolak untuk mengambil tindakan yang diperlukan untuk mempertahankan kehidupan dan properti penduduk mereka, maka saya akan mengerahkan militer Amerika Serikat dan dengan cepat menyelesaikan masalah bagi mereka,” tutur Donald Trump.

Baca Juga: PPDB Kota Cimahi 2020/2021 Dilaksanakan Daring, Daftar Kolektif Lewat Sekolah Asal

Mengikuti pidatonya, Donald Trump berjalan dari Gedung Putih melalui area yang telah dibersihkan untuknya ke Gereja Episkopal St. John di dekatnya, tempat ia mencengkeram sebuah Alkitab ketika ia berpose untuk berfoto bersama putrinya, Ivanka, dan Jaksa Agung AS William Barr.

Uskup ketua keuskupan Gereja Episkopal di Washington D. C., Michale Curry, termasuk di antara mereka yang mengkritik Donald Trump di gereja bersejarah dengan berfoto.

"Dengan melakukan itu, dia menggunakan bangunan gereja dan Alkitab untuk tujuan politik partisan," katanya di Twitter dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Reuters.

Baca Juga: Salah Posisi akan Membuat Sakit Badan, Hindari 6 Posisi Duduk Berbahaya Berikut

Pasukan keamanan yang bergerak melawan demonstran di Gedung Putih termasuk polisi militer Garda Nasional, Dinas Rahasia, polisi Departemen Keamanan Dalam Negeri serta polisi Distrik Columbia. Gedung Putih mengatakan sedang membersihkan area sebelum jam malam.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X