Virus Corona Belum Mereda, Wabah Ebola Baru Dikabarkan Menyebar di Afrika

- 2 Juni 2020, 09:30 WIB
Epidemi Ebola di timur Kongo telah menewaskan 2.280 orang sejak Agustus 2018.* /Zohra Bensemra / Reuters

PIKIRAN RAKYAT - Para pejabat kesehatan di Republik Demokratik Kongo (DRC) telah melaporkan wabah Ebola baru di barat laut negara itu, hanya beberapa minggu sebelum mereka berharap untuk mengumumkan berakhirnya epidemi Ebola lain di timur negara itu.

Munculnya penyakit mematikan di sisi lain negara yang luas datang sebagai pukulan tambahan sebagai upaya DRC untuk juga memerangi pandemi virus corona.

Menteri Kesehatan Eteni Longondo mengatakan pada hari Senin empat orang telah meninggal dari Ebola di sebuah distrik di kota barat laut Mbandaka.

Baca Juga: Belasan Pemain Klub Papan Atas Liga Brasil Terinfeksi Virus Corona

"Lembaga Penelitian Biomedis Nasional (INRB) telah mengkonfirmasi kepada saya bahwa sampel dari Mbandaka dites positif untuk Ebola," ujar Longondo.

"Kami akan mengirimkan mereka vaksin dan obat-obatan dengan sangat cepat," kata menteri, seraya menambahkan bahwa ia berencana untuk mengunjungi lokasi wabah pada akhir minggu.

Ibukota Provinsi Equateur, Mbandaka adalah pusat transportasi di Sungai Kongo dengan populasi lebih dari satu juta.

Baca Juga: Mayweather akan Hadiri Langsung Pemakaman George Floyd

Provinsi Equateur sebelumnya dilanda wabah Ebola antara Mei dan Juli 2018, di mana 33 orang meninggal dan 21 pulih dari penyakit itu.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X