KBRI Fasilitasi Repatriasi Mandiri WNI Jemaah Tabligh di Yordania

- 2 Juni 2020, 08:13 WIB
Repatriasi WNI.* /KBRI AMMAN

PIKIRAN RAKYAT - KBRI Amman kembali memfasilitasi repatriasi mandiri WNI yang terdampak pandemi Covid-19 di Yordania. Pada Minggu 31 Mei 2020 sejumlah 74 WNI yang terdiri dari siswi pesantren Nurul Fikri, anggota Jamah Tabligh dan mahasiswa yang sudah selesai kuliah, telah meninggalkan Bandara Internasional Queen Alia, Amman.

Seperti dilansir siaran pers KBRI Amman yang diterima Pikiran Rakyat, Senin 1 Juni 2020, para WNI tersebut menggunakan pesawat Qatar Airway QR-7472 (AMM-DOH). Setelah transit di Doha, rombongan repatriasi WNI ini dijadwalkan akan tiba di Jakarta pada Senin (1/6) menggunakan flight QR-956.

Sebagaimana tahap pertama pada April 2020, repatriasi kali ini dapat dilakukan berkat kerjasama dengan maskapai Qatar Airways yang membuka dan menyediakan penerbangan khusus rute Amman-Doha-Jakarta.

Baca Juga: Dokter di Italia Klaim Virus Corona Tak Lagi Mematikan, Virolog Inggris Buka Suara

Sejak awal kebijakan lockdown yang sudah berlangsung lebih dari 10 minggu, KBRI Amman terus menjalin kontak dengan sejumlah maskapai penerbangan asing yang akan menyediakan fasilitas penerbangan khusus bagi repatriasi atau evakuasi warga asing di Yordania. 

Ketika menerima informasi dari pihak Qatar Airways, KBRI Amman segera menyebarkannya kepada WNI yang membutuhkan melalui sarana media sosial maupun menghubungi langsung. Sesuai hakikat dari repatriasi mandiri, biaya yang dikeluarkan adalah menjadi tanggung jawab sepenuhnya para WNI

KBRI Amman berfungsi memfasilitasi komunikasi dengan pihak maskapai penerbangan, memberitahukan kepada Kementerian Luar Negeri dan Otoritas Imigrasi Yordania tentang rencana repatriasi, serta membuka akses pergerakan dari domisili para WNI menuju Bandara.

Baca Juga: Tertangkap Basah Tak Gunakan Masker, 10 Warga Harus Menginap di Tempat Karantina

Selain itu, KBRI Amman juga menyampaikan prosedur repatriasi sesuai protokol kesehatan yang diperlukan seperti melakukan tes PCR, memberikan surat jalan kepada dan koordinasi dengan aparat pemerintah pusat pada saat ketibaan di Jakarta. 

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X