Usai Protes dan Penjarahan, Polisi Pelaku Dugaan Pembunuhan Rasial di Minneapolis Akhirnya Ditangkap

- 30 Mei 2020, 09:46 WIB
PARA pengunjuk rasa berkumpul di sekitar kantor polisi Minneapolis yang terbakar saat demonstrasi setelah seorang polisi kulit putih tertangkap video amatir menekan lututnya ke leher pria Afrika-Amerika George Floyd, yang kemudian meninggal di sebuah rumah sakit, di Minneapolis , Minnesota, AS, 28 Mei 2020.* /ANTARA

PIKIRAN RAKYAT - Tragedi penangkapan seorang pria kulit hitam bernama George Floyd oleh polisi kulit putih picu yang berujug maut picu reaksi keras masyarakat usai video penangkapan tersebut viral dan tersebar luas.

Sang polisi kulit putih yang akhirnya diketahui identitasnya bernama Derek Chauvin, petugas kepolisian Minneapolis, Minnesota, Amerika Serikat (AS) ditangkap dan dituntut pasal pembunuhan pada Jumat 29 Mei sore, atas kasus penangkapan yang menewaskan George Floyd, seorang pria kulit hitam.

Baca Juga: 8 Cara Membaca Kejujuran Orang Lain Lewat Mata, Lihat ke Arah Kanan Atas Artinya Berbohong

"Dia sedang berada di tahanan dan telah dikenai hukuman atas kasus pembunuhan," kata Jaksa Wilayah Hennepin, Mike Freeman, dalam pernyataan media.

"Kami mengantongi bukti, ada video yang direkam warga dengan hal menyeramkan, mengerikan, dan menakutkan yang kami saksikan lagi dan lagi; ada juga kamera yang dipasang di badan petugas, serta kesaksian sejumlah saksi mata," ujar Freeman.

Baca Juga: Alih-alih Menenangkan, Trump Gaungkan Kekerasan atas Tragedi Dugaan Pembunuhan Rasial di Minneapolis

Dalam video yang direkam seorang warga--yang kemudian tersebar di internet, Chauvin yang mengenakan seragam kepolisian menekan leher Floyd ke tanah menggunakan lututnya pada Senin 25 Mei 2020. Floyd sempat mengatakan dirinya sulit bernapas sebelum akhirnya meninggal dunia.

Chauvin ditangkap, setelah terjadi protes massa di Minneapolis terkait peristiwa pembunuhan itu, yang berujung pada kerusuhan selama tiga malam berturut-turut.

Baca Juga: Riset: Wanita yang Cenderung Agresif Kebanyakan Lebih Sukses dalam Hubungan Asmara

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X