Video Dugaan Pembunuhan Rasial oleh Polisi Tersebar Luas Picu Protes dan Penjarahan di Minneapolis

- 30 Mei 2020, 08:39 WIB
PARA pengunjuk rasa berkumpul di sekitar kantor polisi Minneapolis yang terbakar saat demonstrasi setelah seorang polisi kulit putih tertangkap video amatir menekan lututnya ke leher pria Afrika-Amerika George Floyd, yang kemudian meninggal di sebuah rumah sakit, di Minneapolis , Minnesota, US, 28 Mei 2020.* /ANTARA

PIKIRAN RAKYAT - Aksi penangkapan seorang pria berkulit hitam bernama George Floyd oleh seorang petugas kepolisian berkulit putih hingga berujung kematian, memicu reaksi keras dari masyarakat Minneapolis.

Floyd seorang warga berkulit hitam sempat mengerang kesakitan dan menyatakan tak bisa bernafas usai seorang polisi kulit putih menekan lehernya. 

Baca Juga: Irish Bella Ceritakan Soal Anak Kembarnya yang Meninggal: Kalau Berhijrah, akan Ada Ujian yang Besar

Aksi dugaan pembunuhan rasial oleh polisi kulit putih itu, terekam video sejumlah saksi mata yang sempat mengatakan kepada sang polisi bahwa pria kulit hitam itu tak bisa bernafas karena tekanan lutut sang polisi kulit putih, namun sang polisi tampak abai hingga akhirnya floyd tak bergerak dan dinyatakan meninggal.

Baca Juga: Tes Kepribadian: Gambar yang Pertama Dilihat Bisa Mengungkapkan Kekuatan dan Kelemahan

Usai video penangkapan Floyd yang tak bersenjata itu berujung hingga kematian masyarakat menggelar unjuk rasa selama berhari-hari karena dianggap warga sebagai aksi pembunuhan rasial oleh polisi kulit putih.

Setelah pada hari kedua unjuk rasa berujung bentrokan hingga penembakan gas ari mata untuk bubarkan massa, pada aksi hari ketiga unjuk rasa yang dilakukan warga, protes diikuti pembakaran, penjarahan dan vandalisme di Minneapolis, Amerika Serikat, pada Kamis 28 Mei malam.

Baca Juga: Sekretaris Syahrini Buka-bukaan Soal Kasus Ayah Angkat Incess: Dia Mau Cari Followers

Para pemrotes melampiaskan amarah mereka atas kematian Floyd yang terlihat dalam video saksi mata kehabisan nafas, saat seorang petugas polisi kulit putih menekan lehernya dengan lutut pada Senin 25 Mei malam.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Sumber: Antara, Huff Post


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X