Dikucilkan, Tenaga Medis India Terpaksa Tidur di Kamar Mandi Rumah Sakit karena Diusir

- 30 Mei 2020, 06:45 WIB
TENAGA medis di India sempat mendapatkan stigma buruk di masyarakat setempat sehingga dikucilkan hingga terusir dari kediaman sendiri.* /AFP Photo/Manjunath KIRAN

PIKIRAN RAKYAT - Tenaga medis selalu menjadi tumpuan bagi pemerintah dan masyarakat dalam menangani wabah virus corona COVID-19.

Entah menjadi garda terdepan atau garda pertahanan terakhir, mereka seringkali mendapat perlakuan buruk dari warga, bahkan dikucilkan.

Tak hanya terjadi di Indonesia, para dokter dan tenaga kesehatan (nakes) di India pun sempat banyak yang diusir dari rumah karena takut terpapar virus corona.

Baca Juga: Demonstran Pendukung George Floyd Murka, Donald Trump Siap Kerahkan Pasukan Garda Nasional

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari The Guardian, para petugas medis ini akhirnya terpaksa tidur di tempat yang tak layak seperti kamar mandi rumah sakit.

loading...

Laporan serupa muncul di penjutu India. Stigma terhadap profesi kesehatan semakin berkembang luas di banyak komunitas.

Alhasil, mulai dari tetangga, pemilik lahan, pengemudi taksi menolak berada dekat dengan mereka. Bahkan, diusir dari rumah dan menjadi tunawisma.

Baca Juga: Selamatkan UMKM, Berikut yang Harus Dilakukan Pemerintah

Salah satunya dialami oleh seorang dokter yang tak ingin menyebutkan namanya. Ia merupakan ketua dari sebuah tim respon cepat virus corona.

Halaman:

Editor: Mahbub Ridhoo Maulaa

Sumber: The Guardian


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X